PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KOMPETENSI DASAR MENDENGARKAN PENJELASAN TENTANG SIMBOL

Yulia Suriyanti, Anna Marganingsih, Novia Apriyani Gelang

Abstract


Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kompetensi dasar  mendengarkan penjelasan tentang simbol tahun pelajaran 2014/2015? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kompetensi dasar mendengarkan penjelasan tentang simbol. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang berbentuk quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalen control group design . Hal ini ditunjukkan dengan pengujian hipotesis pada hasil posttest yang memperoleh nilai  sebesar 6,002 dan perolehan nilai  pada taraf signifikan 0,05 sebesar 2,018. Pengujian hipotesis membuktikan bahwa  (6,002>2,018) yang artinya hipotesis nol (ho) ditolak.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Hasil Belajar



Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Priyatno D. (2012). Belajar Cepat Olah Data Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2013). ). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning, Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, G. H. (2008).Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa.Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v6i2.120

Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.