ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA HASIL BELAJAR KONSEP DASAR MATEMATIKA SD PADA MAHASISWA PGSD

Andri Andri, Melinda Rismawati

Abstract


Pemahaman suatu konsep matematika secara benar mutlak diperlukan oleh seorang guru dan calon guru sebelum mereka mulai mengajarkan pada siswanya. Rendahnya hasil belajar Konsep Dasar Matematika SD mahasiswa PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang dalam 2 Angkatan mengartikan bahwa pemahaman konsep masih rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar mata kuliah konsep dasar matematika SD pada mahasiswa PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif sedangkan metodenya adalah metode deskritif dengan bentuk penelitian survei. Teknik dan alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi tidak langsung, alat pengumpul data menggunakan angket.  Hasil analisis faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar konsep dasar matematika SD pada mahasiswa PGSD yaitu: Faktor minat muatan faktor 87% masuk kriteria sangat baik, Faktor motivasi muatan faktor 86% masuk kriteria sangat baik,  Faktor Kesulitan Memahami Materi muatan faktor 62% masuk kriteria baik, Faktor Iklim belajar muatan faktor 53% masuk kriteria cukup baik, Faktor Lingkungan Sosial muatan faktor 85% masuk kriteria sangat baik, Faktor Perhatian muatan faktor 55% masuk kriteria cukup baik

Full Text:

PDF

References


Apriandi, Devi dan Ika K. 2016. Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Materi Integral Lipat Dua pada Koordinat Polar Mata Kuliah Kalkulus Lanjut. Jurnal Pendidikan Matematika. 7(2):123-134

Febriyanto, Yatin Agus dan Budiyono. 2016. Hubungan Faktor Keluarga dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ekuivalen Pendidikan Matematika.19(1): 18-23

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta

Intan, Indiati, Sawono M, dan Teguh Joko. 2011. Pengaruh Persepsi Siswa Kepada Guru Matematika dan Minat Belajar Matematika Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri I Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2010/2011. Jurnal Aksioma:Matematika dan Pendidikan Matematika.2 (1): 1-10

Irawan, Oskar. G, Parijo dan Aminuyati. 2014. Pengaruh Iklim Belajar Yang Kondusif Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 3 (6) : 1 – 9

Kurniawan, Didik, Dhoriva Urwatul W. 2014. Pengaruh Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Lingkungan terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1 (2): 176-187.

Laba, I Wayan. 2011. Pengaruh Metode Resitasi Tugas Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Sma Negeri 1 Manggis. Jurnal Penelitian dan Evaluasi pendidikan. 1 (1) : 1 – 18.

Offirstson, Topic. 2014. Aktivitas Pembelajaran Matematika Melalui Inkuiri Berbantuan Software Cinderella. Yogyakarta: Deepublish

Prihandoko, Antonius. C. 2005. Memahami Konsep Matematika Secara Benar Dan Menyajikannya Dengan Menarik. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi 2005.

Sagala, S. 2008. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. A. M. 2008. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana.2004.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. 2014. Cooperative Learning Teori & Paikem. Jogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan (Suatu Penyajian Secara Operasional). Yogyakarta : Rake Press.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v9i2.123

Article Metrics

Abstract view : 212 times
PDF - 112 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.