TEORI PSIKOSOSIAL ERIK ERIKSON: IMPLIKASINYA BAGI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SEKOLAH

Valentino Reykliv Mokalu, Charis Vita Juniarty Boangmanalu

Abstract


ABSTRAK

Teori Perkembangan Psikososial menurut Erik Erikson menjadi salah satu sumbangsih penting bagi dunia pendidikan, termasuk pendidikan agama Kristen. Delapan tahapan yang diutarakan oleh Erikson dapat dipastikan dilalui oleh setiap individu dalam perkembangan kehidupannya, meskipun tidak semua dapat melaluinya dengan sempurna. Sumbangsih teori ini bagi pendidikan agama Kristen menjadi pertimbangan penting, meskipun bukan satu-satunya teori perkembangan yang mesti dijadikan pertimbangan dalam penyelenggaraan pendidikan, khususnya pendidikan agama Kristen. Dalam artikel ini akan dijelaskan delapan tahapan perkembangan psikososial, tinjauan dan relevansinya bagi pendidikan agama Kristen yang ada di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kepustakaan (library re-search) yang di mana dilakukan pengumpulan data pustaka dengan membaca dan mengolah bahan menjadi sebuah penelitian. Hasil dan kesimpulannya, keberhasilan di tahap awal mempengaruhi peluang keberhasilan di tahap berikutnya. Dalam hal ini, peserta didik sendirilah yang mengembangkan keseimbangan tahapan demi tahapan. Dengan kata lain, hasil dari setiap tahapan mempengaruhi peluang hasil positif di tahapan berikutnya.

Kata Kunci: Teori Psikososial, Erik Erikson, Pendidikan Agama Kristen, sekolah


ABSTRACT

Psychosocial development theory according to Erik Erikson is an important contribution in education sector including Christian religious education. The eight stages can certainly be passed by most individuals in their life’s development. The contribution of this theory to Christian religious education is an important consideration, although this theory is not the only theory of development that must be taken into consideration in the provision of education. In this article, the eight stages of psychosocial development is explained, an overview, and the relevance for Christian religious education in schools. This study uses library research method where library data is collected by reading and processing the material. The result reports success in the early stages affecting the chances of success in later stages. In other words, the outcome of each stage affects the chances of a positive outcome in the next stage.

Keywords: Psychosocial Theory, Erik Erikson, Christian Religious Education, School


Keywords


Teori Psikososial, Erik Erikson, Pendidikan Agama Kristen, sekolah

Full Text:

PDF

References


Ahyani, L. N., & Astuti, R. D. (2018). Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Universitas Muria Kudus.

Aristya, D. N., & Rahayu, A. (2018). Hubungan Dukungan Sosial Dan Konsep Diri Dengan Penyesuaian Diri Remaja Kelas X SMA Angkasa I Jakarta. Jurnal Humaniora.

Barzoki, M. H., Kontula, O., Mokhtariaraghi, H., Mahboubishariatpanahi, N., Depper, A., Howe, P. D., Perpiñá Phd, C., Roncero Phd, M., Natenshon, A. H., Kehler PHD, M., Atkinson PHD, M., Chrisler, J. C., Digiammarino, A., Flynn, M. A., Park, S. S. S., Morin, D. T., Stana, A., Rafique, R., Hunt, N., … Valadez Martinez, L. J. (2015). Book Reviews. Journal Of Child And Family Studies.

Bertrand, R. (2019). La Teoría Del Desarrollo Psicosocial De Erik Erikson. Psicología Y Mente.

Crain, W. (2015). Theories Of Development: Concepts And Applications. In Theories Of Development: Concepts And Applications. Https://Doi.Org/10.4324/9781315662473

Ejim, M. (2020). Integrity Versus Despair: Perceptions Of Aging Among African Americans In Late Life. In Proquest Dissertations And Theses.

Gilleard, C. (2020). The Final Stage Of Human Development? Erikson’s View Of Integrity And Old Age. International Journal Of Ageing And Later Life. Https://Doi.Org/10.3384/Ijal.1652-8670.1471

Hammer, L. B., Johnson, R. C., Crain, T. L., Bodner, T., Kossek, E. E., Davis, K. D., Kelly, E. L., Buxton, O. M., Karuntzos, G., Casey Chosewood, L., & Berkman, L. (2016). Intervention Effects On Safety Compliance And Citizenship Behaviors: Evidence From The Work, Family, And Health Study. Journal Of Applied Psychology. Https://Doi.Org/10.1037/Apl0000047

Hasneli, H. (2019). KONSEP MANUSIA DAN MANUSIA BERAGAMA DALAM PANDANGAN PSIKOLOGI AGAMA. TAJDID : Jurnal Ilmu Keislaman Dan Ushuluddin. Https://Doi.Org/10.15548/Tajdid.V16i1.153

Hidayat, S., & Nur, L. (2018). NILAI KARAKTER, BERPIKIR KRITIS DAN PSIKOMOTORIK ANAK USIA DINI. JIV. Https://Doi.Org/10.21009/Jiv.1301.4

Hidayati, A. (2017). MERANGSANG PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK DENGAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU. Sawwa: Jurnal Studi Gender. Https://Doi.Org/10.21580/Sa.V12i1.1473

Holis, A. (2007). Peranan Keluarga/Orang Tua Dan Sekolah Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Universitas Garut.

Honig, A. S. (2016). Reflections On Erik Erikson’s Clinical Work. Psyccritiques. Https://Doi.Org/10.1037/A0040609

Issawi, S., & Dauphin, B. (2017). Industry Versus Inferiority. In Encyclopedia Of Personality And Individual Differences. Https://Doi.Org/10.1007/978-3-319-28099-8_593-1

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age. Https://Doi.Org/10.29408/Goldenage.V2i01.739

Khoramnia, S., Bavafa, A., Jaberghaderi, N., Parvizifard, A., Foroughi, A., Ahmadi, M., & Amiri, S. (2020). The Effectiveness Of Acceptance And Commitment Therapy For Social Anxiety Disorder: A Randomized Clinical Trial. Trends In Psychiatry And Psychotherapy. Https://Doi.Org/10.1590/2237-6089-2019-0003

Kitchens, R., & Abell, S. (2020). Ego Identity Versus Role Confusion. In Encyclopedia Of Personality And Individual Differences. Https://Doi.Org/10.1007/978-3-319-24612-3_581

Krismawati, Y. (2018). Teori Psikologi Perkembangan Erik H. Erikson Dan Manfaatnya Bagi Tugas Pendidikan Kristen Dewasa Ini. Kurios. Https://Doi.Org/10.30995/Kur.V2i1.20

Lane, T. D., & Munday, C. C. (2020). Ego Integrity Versus Despair. In Encyclopedia Of Personality And Individual Differences. Https://Doi.Org/10.1007/978-3-319-24612-3_582

Maree, J. G. (2020). The Psychosocial Development Theory Of Erik Erikson: Critical Overview. Early Child Development And Care. Https://Doi.Org/10.1080/03004430.2020.1845163

Mawarni Purnamasari, & Na’imah, N. (2020). Peran Pendidik Dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD. Https://Doi.Org/10.33222/Pelitapaud.V4i2.990

Nantais, C., & Stack, M. (2017). Generativity Versus Stagnation. In Encyclopedia Of Personality And Individual Differences. Https://Doi.Org/10.1007/978-3-319-28099-8_589-1

Nehru, N. A. (2020). Belajar Dari Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Konsep Perkembangan Psikososial Erikson. Academia.Edu.

Page, K. (2018). Erik Erikson. In Psychology For Actors. Https://Doi.Org/10.4324/9781351130950-7

Person-Centred Healthcare Research. (2017). In Person-Centred Healthcare Research. Https://Doi.Org/10.1002/9781119099635

Prihastiwi, W. J. (2019). Role Of Self Concept, Emotional Regulation, Empathy In Predicting Forgiveness In Teens Of Junior High School Students In Surabaya. Humanities And Social Sciences Reviews. Https://Doi.Org/10.18510/Hssr.2019.7321

Robert Pendergraft. (2017). Erik Erikson And The Church: Corporate Worship That Sustains Through Crises. Philosophy Study. Https://Doi.Org/10.17265/2159-5313/2017.06.001

Sarang, S., Karnam, A., & Shitole, R. (2019). To Investigate The Relationship Between Psychological Factors And Stress In Two Different Developmental Stages In Adults: A Cross Sectional Study. The Indian Journal Of Occupational Therapy. Https://Doi.Org/10.4103/Ijoth.Ijoth_8_19

Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA.

Schlein, S. (2016). The Clinical Erik Erikson: A Psychoanalytic Method Of Engagement And Activation. In The Clinical Erik Erikson: A Psychoanalytic Method Of Engagement And Activation.

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Tarbiyah Al-Awlad.

Sita Dewi, N. L. D. A., & Yulaika, A. (2019). ANALISIS FAKTOR YANG

MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK RA DIPONEGORO DESA NGAJUM KABUPATEN MALANG. Jurnal Kesehatan Mesencephalon. Https://Doi.Org/10.36053/Mesencephalon.V5i2.181

Solobutina, M. M. (2020). Ego Identity Of Intellectually Gifted And Sport Talented Individuals In Puberty And Adolescence. Education And Self Development. Https://Doi.Org/10.26907/Esd15.1.02

Sudirjo, E., & Alif, M. N. (2018). Pertumbuhan Dan Perkembangan Motorik Konsep Perkembangan Dan Pertumbuhan Fisik Dan Gerak Manusia. In UPI Sumedang Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media.

Trianingsih, R. (2016). PENGANTAR PRAKTIK MENDIDIK ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. Https://Doi.Org/10.24235/Al.Ibtida.Snj.V3i2.880

Trust And Mistrust In International Relations. (2006). Choice Reviews Online. Https://Doi.Org/10.5860/Choice.43-4920

Widiastuti, N. L. G. K. (2019). Model Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Yang Mengalami Kecacatan Fisik. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. Https://Doi.Org/10.23887/Jiis.V5i1.18780

Winnicott, D. W. (2019). Erik H. Erikson. In Psycho-Analytic Explorations. Https://Doi.Org/10.4324/9780429478932-59

Wiresti, R. D., & Na’imah, N. (2020). Aspek Perkembangan Anak : Urgensitas Ditinjau Dalam Paradigma Psikologi Perkembangan Anak. Aulad : Journal On Early Childhood. Https://Doi.Org/10.31004/Aulad.V3i1.53

Yahyu Herliany Yusuf, O., Ode Abdul Salam Al Amin, L., & YPIQ Baubau, S. (2020). TEORI PERKEMBANGAN SOSIAL/PSIKOSOSIAL ERIK HOMBERGER ERIKSON. In Idrus Qaimuddin.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v12i2.1314

Article Metrics

Abstract view : 2676 times
PDF - 878 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.