ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERORIENTASI ORDER THINKING SKILLS (Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri 01 Nanga Merakai)

Adriana Gandasari, Dwi Cahyadi Wibowo, Lhadyza Ocberti

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika berorientasi order thinking skills di Sekolah Dasar Negeri 01 Nanga Merakai. Penelitian dilakukan di kelas V yang berjumlah 16 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian studi kasus. Alat pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, kuesioner dan dokumen. Analisis data dilakukan melalui 4 tahap yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika berorientasi order thinking skills, pada materi “Pengumpulan dan Penyajian Data” menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa berada pada kategori sangat baik dan sudah sampai pada level C4 atau Higher Order thinking skills dengan persentase 85,71% dan persentase jumlah siswa sebesar 62,50% atau 10 orang dari total jumlah keseluruhan siswa berada pada level C4 atau Higher Order thinking skills.

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Order thinking skills

 

ABSTRACT

This study aims to describe learning outcomes oriented to order thinking skills in mathematics at Public Elementary School 01 Nanga Merakai. The research was conducted in class V, which consisted of 16 students. This research uses a qualitative descriptive method in the form of a case study. Data collection tools using interview guidelines, questionnaires and documents. Data analysis was carried out through 4 stages, namely data collection, data presentation, data reduction and drawing conclusions. The results showed that the learning outcomes of order thinking skills oriented mathematics, on the material "Data Collection and Presentation" showed that the mathematics learning outcomes were in the very good category and had reached the level of C4 or Higher Order thinking skills with the percentage is 85.71% and the percentage of the number of students is 62.50% or 10 people from the total number of students be at level C4 or Higher Order thinking skills.

Keywords: Mathematics Learning Outcomes, Order thinking skills


Keywords


Mathematics Learning Outcomes, Order thinking skills

Full Text:

PDF

References


Amelia, D., Susanto, S., & Fatahillah, A. 2015. “Analisis Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember.” Jurnal Edukasi Universitas Jember. 2(1) 1-4.

Apriyanti, M.E. (2018). “Pendidikan Akhlak Menghasilkan Manusia Yang Bertanggung Jawab Dan Sukses. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan. 5(2) 127-134.

Dimyanti dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Falah, A. 2015. “Studi Analisis Aspek-Aspek Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN 01 Karangmalang Gebog Kudus.” Elemantary. 3(1) 171-195.

Febriyanti, C. & Seruni. 2014. “Peran Minat Dan Interaksi Siswa Dengan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Formatif. 4(3) 245-254.

Gandasari, A. 2019. “Pengembangan Model Kurikulum Operasional Berbasis Multiple Intelligences Untuk Meningkatkan Kemampuan Saintifik Siswa.” Disertasi Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak dipublikasikan.

Gandasari, A., Abdulhak, I., Djohar, A., & Wahyudin, D. 2019. “The Conceptual Framework Of The Curriculum Operational Based On The Multiple Intelligences Theory And It’s Implementation In Panca Setya 2 Elementary School Sintang Kalimantan Barat Indonesia.” Scholarly Research Journal for Interdisciplinary Studies. 6(51) 12520-12544.

Gandasari, A., Purwati, Y.E., Ege, B., & Subekti, M.R. 2020. “Pengaruh Penggunaan model JIGSAW terhadap Hasil belajar kognitif siswa pada tema udara bersih bagi kesehatan.” Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. 6(2) 55-69.

Hidayah, N. 2015. “Mengasah Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif.” Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling PD APKIN Jawa Timur. Universitas Negeri Malang.

Kaibuddin. 2018. “Pembentukan Karakter Anak Melalui Lembaga Pendidikan Informal. Jurnal Al-Mayyah. 11(1) 132-152

Mahirah, B. 2017. “Evaluasi Belajar Peserta Didik.” Jurnal Idaarah. 1(2) 257-267.

Masduki, dkk. 2013. “Level Kognitif Soal-Soal Buku Pelajaran Matematika”. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Yogyakarta.

Mogi, Y. 2018. “Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Yang Berorientasi Pada Higher Order thinking skills (HOTS) Pada Siswa Kelas XI Sosial SMA Kolose De Brito Yogyakarta. Tesis Universitas Sanata Dharma Yogyakata.

Murhadi. 2004. “Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia.” Mimbar. 20(4) 478-492.

Nurjanah, W. 2020. “Historical Thinking Skills and Critical Thinking Skills.” Journal of History Education Research: Historika. 23(1) 92-104.

Nurohman, S. 2008. “Peningkatan Thinking Skills Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Konstruktivisme Di Sekolah Alam. Jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan. 11(1) 128-144.

Qasrawi, R., & BeniAndelrahman, A. (2020). “The higher and lower-order thinking skills (HOTS and LOTS) in Unlock English textbooks (1st and 2nd editions) based on Bloom’s Taxonomy: An analysis study.” International Online Journal of Education and Teaching (IOJET), 7(3). 744-758.

Rahman, K. 2014. “Pengembangan Kurikulum terintegrasi di Sekolah/Madrasah.” Jurnal Pendidikan Agama Islam. 1(1) 13-48.

Sari, I.M. 2021. “Taksonomi Anderson (Perbaikan Taksonomi Blomm).” Permanent link document to: http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._FISIKA/IKA_MUSTIKA_SARI/EVALUASI_PENDIDIKAN/Taxonomi_Anderson.pdf

Siswanto. 2006. “Penggunaan Tes Essay Dalam Evaluasi Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia.” 5(1) 55-61.

Sulastri, Fitria, H., & Marta, A. 2020. “Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Journal of Education Research. 1(3) 258-264.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryadi. 2021. “Teknik Penyusunan Alat Evaluasi dan Analisis Hasil Belajar.” Permanent link document to: http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._ADMINISTRASI_PENDIDIKAN/196807291998021-SURYADI/pengembangan_soal.pdf

Wahyuningsih, T. 2016. Analisis Level Kognitif Soal-Soal Pemecahan Masalah Pada Buku Siswa Matematika Kelas VII Kurikulum 2013. Publikasi Ilmiah. Surakarta: Universitas Negeri Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v12i2.1348

Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF - 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.