MOTIVASI BELAJAR ANAK KELUARGA PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KABUPATEN SINTANG

Suparno Suparno, Juri Juri, Dessy Triana Relita

Abstract


Karya tulis ilmiah ini dilatarbelakangi oleh tantangan kemiskinan yang dialami menjadikan lemahnya motivasi belajar anak. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui motivasi belajar anak keluarga penerima manfaat program keluarga harapan di kabupaten sintang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Hasil pembahasan menyatakan bahwa: 1. anak-anak mengalami peningkatan motivasi belajar. 2. Motivasi anak-anak untuk sekolah terdiri dari dua, yakni secara internal dari kesadaran diri sendiri si anak dan faktor ekternal yakni dari motivasi orangtua dan lingkungan. 3. Terdapat 59 anak yang berprestasi baik dibidang akademik maupun non akademik, baik ditingkat lokal, nasional hingga ketingkat internasional.

Kata Kunci : motivasi belajar anak, keluarga penerima manfat PKH

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Budiman, Arif. (2000). Teori Pembangunan Dunia Ketiga. Jakarta: Pt. Gramedia Pustaka Utama.

Dimyati, Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Direktorat Jaminan Sosial. 2013. Pedoman Operasional Penyaluran Dana Bantuan PKH. Jakarta: Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI.

Direktorat Jaminan Sosial. 2013. Buku Pedoman Umum PKH. Jakarta: Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI.

Direktorat Jaminan Sosial. 2015. Buku Kerja Pendamping PKH . Jakarta. Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI

Lidiana dkk. 2014. Pengaruh Dan Efektifitas Bantuan Program Keluarga Harapan (Pkh) Terhadap Partisipasi Pendidikan Di Kecamatan Muara Tiga Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmu Ekonomi Volume 2, No. 2, Mei 2014 halaman 31-38.

Miles, Mattew B dan Hubermen, Michael. 1992. Analisa Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode Baru, Terjemahan Tjetjep Rohendy (2007), Jakarta: UI Press.

Nawawi, Hadari. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Purwanto, S.A., dkk. 2013. Implementasi Kebijakan Program Keluarga Harapan (Pkh) Dalam Memutus Rantai Kemiskinan (Kajian Di Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto). Jurnal Wacana Vol. 16, No. 2 tahun 2013 Hal. 79-96.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Suharto, Edi. (2007). Kebijakan Sosial Sebagai Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Virgoreta, D. A., dkk. 2015. Implementasi Program Keluarga Harapan (Pkh) Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Pada Desa Beji Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban) Dyah Ayu Virgoreta, Ratih Nur Pratiwi, Suwondo. Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol.2, No12, Hal. 1-6

Winarno. 2009. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara.

http://setkab.go.id/bps-per-september-2016-jumlah-penduduk-miskin-indonesia-bekurang-025-juta/. Diakses pada 10 April 2017.

http://busurnews.com/2017/07/unicef-2017-sekitar-25-juta-anak-indonesia-tidak-bisa-masuk-sd-dan-smp/08 Maret 2017

Perpres RI No 15 tahun 2010 Tentang percepatan Penanggulangan Kemiskinan.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v9i2.139

Article Metrics

Abstract view : 116 times
PDF - 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.