PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Sa'diah Sa'diah, Yayat Ruhiat, Sholih Sholih

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dan mengembangkan bahan ajar berupa e-Modul Interaktif Berbasis Augmented Reality pada mata pelajaran IPA materi sistem tata surya untuk siswa kelas VI. Metode  yang digunakan adalah R & D (Research & Development), dan model pengembangan yang  digunakan adalah model ADDIE. Hasil uji coba oleh ahli materi pembelajaran, ahli media, serta user (guru dan siswa) menggunakan angket tertutup, berturut-turut diperoleh angka sebesar 79,17 %, 83,33, dan 75,83%.  Jika dimasukkan pada tabel kriteria hasil uji coba, maka dapat dikatakan bahwa produk e-Modul interaktif berbasis Augmented Reality yang telah dikembangkan valid serta layak digunakan dalam. pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA di kelas VI Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Pengembangan, e-Modul, interaktif, Augmented Reality, ADDIE

 

ABSTRACT

This study was developed a teaching material of an Augmented Reality-Based Interactive e-Module in the science subjects of the solar system material for grade VI students. The method used is R & D (Research & Development), and the development model used is the ADDIE model. The results of trials by learning materials experts, media experts, and users (teachers and students) using closed questionnaires, the figures were 79.17%, 83.33, and 75.83%, . based on the criteria table, it can be said that the Augmented Reality-based interactive e-Modul product that has been developed is valid and feasible to use in learning especially in science subjects in grade VI Elementary School.

Keywords: R & D Method, e-Module, interactive, Augmented Reality, ADDIE


Keywords


R & D Method, e-Module, interactive Augmented Reality, ADDIE

Full Text:

PDF

References


Craig, Alan B. 2013. Understanding Augmented Reality: Concepts and Applications. Morgan Kaufmann: Waltham.

Hadi, S. S. 2013. Aplikasi Pengenalan Sistem Tata Surya Menggunakan Augmented Reality Untuk Pendidikan Sekolah Dasar. Lembaga Penerbit Fakultas Ilmu Komputer: Universitas Dian Nuswantoro.

Ilmawan Mustaqim, N. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 36–48. http://journal.uny.ac.id/index.php/jee/%0Ae-ISSN : 2548-8260

Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. 2018. Tips & Trik Penyusunan e-Modul.

Kosasih, E. 2021. Pengembangan bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kuncahyono. 2018. Pengembangan E-Modul Dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 2(2), 219–231.

Iatsyshyn, A. V, & Kovach, V. O. 2020. Application of augmented reality technologies for education projects preparation. CEUR-WS, 2643, 134–160.

Melanie, Gina Rahayu. (2018). Membangun Aplikasi Augmented Reality Dengan Unity. Surabaya: CV Garuda Mas sejahtera

Minaldi, I. 2019. Efektivitas Pemanfaaatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Assemblr Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

N.R Raajan. et al. 2014. A Review on: Augmented Reality Technologies, System and Applications. Jurnal Asian Network for Scientific Information. 14(14). Hlm. 1485-1486.

Nugent, G., et al .2016. Learning from online modules in diverse instructional cont exts. Interdisciplinary Journal of e-Skills and Life Long Learning, 12, 113-121.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVAPress.

Rayanto, Yudi Hari & Sugianti. 2020. Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori & Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Sari, I.N., & Octavia, E. 2020. Kemandirian Belajar Siswa Mempelajari Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Menggunakan Modul Praktikum IPA Berbasis Inkuiri. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(2), 105-112.

Setyawan, B., Rufi’i, R., & Fatirul, A. N. 2019. Augmented Reality in Science Learning for Elementary School Students. Jurnal Teknologi Pendidikan, 07(01), 78–90.

Winatha, K. R., Suharsono, N., Agustini, K., Informatika, T., Ekonomi, F., Ganesha, U. P., & Ganesha, U. P. 2018. Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek.. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 188–199.

Wulandari, D.S., & Hendriana , B. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Huruf Pada Anak Usia Dini Berbasis Augmented Reality. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(2), 157-168.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v13i1.1489

Article Metrics

Abstract view : 744 times
PDF - 385 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.