PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS GOOGLE SITES BERORIENTASI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital berbasis Google Sites berorientasi kemandirian untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan diantaranya: 1) Analyze; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation; 5) Evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Al-Jamhuriyah sebanyak 25 siswa. Intrumen penelitian yang digunakan berupa wawancara, angket validasi dan angket respon. Validasi bahan ajar digital berbasis Google Sites dilakukan oleh tim validasi, antara lain: ahli materi, ahli media, ahli pedagogik dan validasi guru. Data kuantitatif pada penelitian ini didapatkan dari hasil validasi dan kuesioner. Bahan ajar digital berbasis Google Sites mendapat kelayakan pada tahap validasi ahli mendapat rata-rata nilai 80% (layak), penilaian guru sebesar 90% (sangat layak), dan penilaian oleh 25 siswa dengan rata-rata sebesar 82% (sangat layak). Maka berdasarkan hasil penilaian tersebut, bahan ajar digital berbasis Google Sites dikategorikan sangat layak.
Kata Kunci: Bahan Ajar Digital, Google Sites, Kemandirian
ABSTRACT
This study aims to develop self-directed Google Sites-based digital teaching materials for fourth-grade elementary school students. This study uses the R&D (Research and Development) method with the ADDIE model with 5 stages including 1) Analyze; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation; 5) Evaluation. The subjects were fourth-grade MI Al-Jamhuriyah students. The research instruments used were interviews, validation questionnaires, and response questionnaires. The validation of the product is carried out by the validation team, including material experts, media experts, pedagogical experts, and teacher validation. Quantitative data were obtained from the results of validation and questionnaires. Digital teaching materials based on Google Sites are eligible at the expert validation stage, getting an average score of 80% (decent), teacher assessments of 90% (very decent), and assessments by 25 students with an average of 82% (very decent). In conclusion, digital teaching materials based on Google Sites are categorized as very feasible.
Keywords : Digital Teaching Materials, Google Sites, Independece
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anyan, A., Ege, B., & Faisal, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point. JUTECH : Journal Education and Technology, 1(1). https://doi.org/10.31932/jutech.v1i1.690
Azis, & Nur, T. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2), 308–318.
Azizah, Z. F., Kusumaningtyas, A. A., Anugraheni, A. D., & Sari, D. P. (2018). Validasi preliminary product Fung-Cube pada pembelajaran fungi untuk siswa SMA. Jurnal Bioedukatika, 6(1), 15. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v6i1.7364
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar.
Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 8, Issue 9).
Lady, Delfina, Ester, L., Rahmadhani, S., Prisman, D., Alexander, & Simbar, A. V. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Fokus Sdm Mata Pelajaran Business Tingkat Sma Pada Sekolah Kallista Kota Batam. Journal Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 3, 484–493.
Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. 05(01), 48–64.
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19.
Smaragdina, A. A., Nidhom, A. M., Soraya, D. U., & Fauzi, R. (2020). Pelatihan Pemanfaatan dan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Multimedia Interaktif untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal KARINOV, 3(1), 53. https://doi.org/10.17977/um045v3i1p53-57
Sucianti, W. (2016). Kiat Sukses Melalui Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar. CV.Rasi Terbit. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=697wDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=kemandirian+belajar+menurut+ahli&ots=qDpri6W7Ir&sig=YzGkWMOhzs0hxz-jzJ1FKVrpKXE&redir_esc=y#v=onepage&q=kemandirian belajar menurut ahli&f=false
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (1st ed.). Alpabeta.
Suharto. (2022). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 7C UPTD SPF SMPN 1 BONDOWOSO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2019/2020 DI TENGAH PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN GOOGLE SITES PADA MATERI KELILINGDAN LUAS BANGUN DATAR. Journal Mitra Pendidikan, 1(69), 5–24.
Sunami, M. A., & Aslam. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA
Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129
Sutarti, T., & Irawan, E. (2017). KIAT SUKSES MERAIH HIBAH PENELITIAN PENGEMBANGAN (1st ed.). DEEPUBLISH. https://books.google.co.id/books?id=-RInDwAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
Utami, N., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6300–6306.
DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v13i2.1836
Article Metrics
Abstract view : 209 timesPDF - 125 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.