PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS GOOGLE SITES BERORIENTASI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Siti Latifah, Diki Rukmana

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital berbasis Google Sites berorientasi kemandirian untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan diantaranya: 1) Analyze; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation; 5) Evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Al-Jamhuriyah sebanyak 25 siswa. Intrumen penelitian yang digunakan berupa wawancara, angket validasi dan angket respon. Validasi bahan ajar digital berbasis Google Sites dilakukan oleh tim validasi, antara lain: ahli materi, ahli media, ahli pedagogik dan validasi guru. Data kuantitatif pada penelitian ini didapatkan dari hasil validasi dan kuesioner. Bahan ajar digital berbasis Google Sites mendapat kelayakan pada tahap validasi ahli mendapat rata-rata nilai 80% (layak), penilaian guru sebesar 90% (sangat layak), dan penilaian oleh 25 siswa dengan rata-rata sebesar 82% (sangat layak). Maka berdasarkan hasil penilaian tersebut, bahan ajar digital berbasis Google Sites dikategorikan sangat layak.

Kata Kunci: Bahan Ajar Digital, Google Sites, Kemandirian

 

ABSTRACT

This study aims to develop self-directed Google Sites-based digital teaching materials for fourth-grade elementary school students. This study uses the R&D (Research and Development) method with the ADDIE model with 5 stages including 1) Analyze; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation; 5) Evaluation. The subjects were fourth-grade MI Al-Jamhuriyah students. The research instruments used were interviews, validation questionnaires, and response questionnaires. The validation of the product is carried out by the validation team, including material experts, media experts, pedagogical experts, and teacher validation. Quantitative data were obtained from the results of validation and questionnaires. Digital teaching materials based on Google Sites are eligible at the expert validation stage, getting an average score of 80% (decent), teacher assessments of 90% (very decent), and assessments by 25 students with an average of 82% (very decent). In conclusion, digital teaching materials based on Google Sites are categorized as very feasible.

Keywords : Digital Teaching Materials, Google Sites, Independece


Keywords


Digital Teaching Materials1; Google Sites2; Self Regulated Learning3.

Full Text:

PDF

References


Anyan, A., Ege, B., & Faisal, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point. JUTECH : Journal Education and Technology, 1(1). https://doi.org/10.31932/jutech.v1i1.690

Azis, & Nur, T. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2), 308–318.

Azizah, Z. F., Kusumaningtyas, A. A., Anugraheni, A. D., & Sari, D. P. (2018). Validasi preliminary product Fung-Cube pada pembelajaran fungi untuk siswa SMA. Jurnal Bioedukatika, 6(1), 15. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v6i1.7364

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar.

Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 8, Issue 9).

Lady, Delfina, Ester, L., Rahmadhani, S., Prisman, D., Alexander, & Simbar, A. V. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Fokus Sdm Mata Pelajaran Business Tingkat Sma Pada Sekolah Kallista Kota Batam. Journal Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 3, 484–493.

Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. 05(01), 48–64.

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19.

Smaragdina, A. A., Nidhom, A. M., Soraya, D. U., & Fauzi, R. (2020). Pelatihan Pemanfaatan dan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Multimedia Interaktif untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal KARINOV, 3(1), 53. https://doi.org/10.17977/um045v3i1p53-57

Sucianti, W. (2016). Kiat Sukses Melalui Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar. CV.Rasi Terbit. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=697wDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=kemandirian+belajar+menurut+ahli&ots=qDpri6W7Ir&sig=YzGkWMOhzs0hxz-jzJ1FKVrpKXE&redir_esc=y#v=onepage&q=kemandirian belajar menurut ahli&f=false

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (1st ed.). Alpabeta.

Suharto. (2022). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 7C UPTD SPF SMPN 1 BONDOWOSO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2019/2020 DI TENGAH PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN GOOGLE SITES PADA MATERI KELILINGDAN LUAS BANGUN DATAR. Journal Mitra Pendidikan, 1(69), 5–24.

Sunami, M. A., & Aslam. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA

Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129

Sutarti, T., & Irawan, E. (2017). KIAT SUKSES MERAIH HIBAH PENELITIAN PENGEMBANGAN (1st ed.). DEEPUBLISH. https://books.google.co.id/books?id=-RInDwAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Utami, N., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6300–6306.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v13i2.1836

Article Metrics

Abstract view : 209 times
PDF - 125 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.