PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK

Bonifasius Imen

Abstract


ABSTRAK

Kurangnya daya serap peserta didik, keterbatasan sarana dan prasarana sekolah serta variasi guru dalam pembelajaran berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Discovery Learning terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran PAK-BP dengan materi Gereja Sebagai Komunitas Orang Beriman. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII sebanyak 12 orang dengan objek penelitian hasil belajar peserta didik mata pelajaran PAK-BP. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket dan tes. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, yaitu pada siklus I sebesar 56% (kognitif sebesar 41,67%, Afektif sebesar 67,17% dan Psikomotor sebesar 59,17%) dengan sebaran 12 peserta didik pada kategori “Layak”  meningkat di siklus II sebesar 76,91% (kognitif sebesar 72,33%, afektif sebesar 79,58% dan Psikomotor sebesar 73,61%) dengan sebaran 2 peserta didik pada kategori “Mahir”, 8 peserta didik pada kategori “Cakap” dan 2 peserta didik pada kategori “Layak”. Hal in berarti terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 20,91%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learning pada mata pelajaran PAK-BP dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci: Hasil belajar,  Discovery Learning, Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti


ABSTRACT

The lack of student absorption capacity, limited school facilities and infrastructure and the lack of teacher variation in learning have an impact on low student learning outcomes. This study aims to analyze the application of the Discovery Learning model to improve learning outcomes in PAK-BP subjects with material on the Church as a Community of Believers. This research is Classroom Action Research (CAR). The research subjects were 12 class VIII students with the research object being the learning outcomes of students in the PAK-BP subjects. Data collection was carried out using observation techniques, questionnaires and tests. Data analysis was carried out using quantitative and qualitative approaches. The results of the research showed that there was an increase in student learning outcomes, is 56% in cycle I (cognitive by 41.67%, affective by 67.17% and psychomotor by 59.17%) with a distribution of 12 students in the "Decent" category. increased in cycle II by 76.91% (cognitive by 72.33%, affective by 79.58% and psychomotor by 73,61%) with a distribution of 2 students in the "Proficient" category, 8 students in the "Competent" category and 2 students in the "Decent" category. This means that there has been an increase in learning outcomes by 20.91%. It can be concluded that the use of the Discovery Learning model in PAK-BP subjects can improve student learning outcomes.

Keywords: Learning outcomes, Discovery Learning, Catholic Religious Education and Character


Keywords


Learning outcomes, Discovery Learning, Catholic Religious Education and Character

Full Text:

PDF

References


Aryantini, N. K., Sujana, I. W., & Darmawati, I. G. (2021). Model Discovery Learning Berbantuan Media Power Point Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Volume 4, Number 2, 243-250.

Asmarani, A., Idrus , I., & Kasrina. (2017). Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa Melalui Penerapan Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 1(1), 16-22.

Astuti, N. F. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Persuasi Menggunakan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kalasan. E-Journal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 7, No. 6, 667-675.

Berita Pendidikan Agama Katolik. (2014, Februari 21). Implementasi Kurikulum 2013. Retrieved Oktober 17, 2023, from Komisi Kateketik Konferensi Waligereja Indonesia: https://komkat-kwi.org/2014/02/21/implementasi-kurikulum-2013/

Fidiana, E., Rudibyani, R. B., & Tania, L. (2018). Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Luwes Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, Vol. 7, No.1 , 104-115.

Gurusinga, B. (2023). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII-2 SMP Negeri 2 Tigapanah Semester Genap T.P. 2021/2022. Inovasi: Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan Volume 1, Number 2, 139-150.

Ilyas, H. M., & Syahid, A. (2018). Pentingnya Metoologi Pembelajaran Bagi Guru. Jurnal Al-Aulia Vo. 4, No. 01, 58-85.

Info Program Admin SMP. (2022, Februari 21). Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Pemulihan Pembelajaran. Retrieved Oktober 17, 2023, from Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi: https://ditsmp.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka-sebagai-upaya-pemulihan-pembelajaran/

Mahud. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menggunakan Metode Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis di SDN 12 Alur Bandung. Jurnal Pembelajaran Prospektif Vol. 6, No. 2, 2189 - 2198.

Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 4 No. 3, 2189-2198.

Mastuang, Erliana, E., & Miriam, S. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab dan Kemampuan Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, Vol.6,No. 2, 132-143.

Nafisa, D., & Wardono. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantua Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, (pp. 854-861). Semarang.

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 23-29.

Rahmi, T., Kasmini, L., & Junita, S. (2022). Penggunaan Model Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Pemanfaatan Sumber Energi Kelas IV SD Negeri 15 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 3, No. 2.

Rifani, W. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Hasil Belajar PAI Di SMPN 10 Banjarbaru. Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk Merealisasikan guru Profesional di Era (pp. 2137-2148). Palangkaraya: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangkaraya.

Sahnan, A., & Wibowo, T. (2023). Arah Baru Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. SITTAH : Journal of Primary Education Vol. 4 No. 1, 29-43.

Setyawati, E. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Peserta Didik. Ilmu Pendidikan : Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, Vol. 3 No. 1 ISSN 2549-7774 (online), ISSN 2548-6683 (print), 50-59.

Tukaryanto, Hendikawati, P., & Nugroho , S. (2018). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematik dan Percaya Diri Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Semarang: 656-662.

Wibawa, L. A., & Sulisdwiyanta, Y. (2021). Pegangan Guru Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti. Jakarta: Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementeerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., & Suastra , I. W. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 4.

Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 2 No. 1, 21-28.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v14i2.2977

Article Metrics

Abstract view : 109 times
PDF - 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.