PERBEDAAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN NHT DITINJAU DARI HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 4 SD GUGUS JOKO TINGKIR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan NHT (Numbered Heads Together) terhadap hasil belajar IPA kelas 4 SD Gugus Joko Tingkir. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas 4 SD Negeri Tingkir Tengah 01 sebagai kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan model pembelajaran STAD dan kelas 4 SD Negeri Tingkir Tengah 02 sebagai kelompok kontrol diberikan perlakuan model pembelajaran NHT. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes tertulis dengan instrumen soal pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif, uji prasyarat parametrik dan statistik inferensial yang menggunakan bantuan aplikasi SPSS for Windows Version 22.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai probabilitas signifikansi 0,040 yang artinya lebih kecil dari 0,05 (0,040 < 0,05). Nilai rerata kelas eksperimen adalah 86,12 dan nilai rerata kelas kontrol adalah 82,36. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan NHT (Numbered Heads Together) SD Gugus Joko Tingkir.
Full Text:
PDFReferences
Halimah, N. (2017). Perbedaan Pengaruh Model Student Teams Achievement Division (STAD) dan Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 267-275.
Hanifah, K., & Mawardi. (2016). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan STAD Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 251-263.
Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Indriastuti, N. (2016). Studi Komparasi Strategi Student Teams Achievement Division (STAD) dan Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Siswodipuran Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kamsiyati, S. (2014). Studi Komparasi Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Dengan Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), 3(4).
Majid, A. (2014). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Parna, I. K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Berprestasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SD Gugus VII Kecamatan Kubu Tahun Pelajaran 2014/2015.e-Journal Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Ramadani, M., Jumadi, & Ekosari, R. (2013). Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif IPA Antara Kelas yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Student Team Achievement Division (STAD). E-Journal UNY, 2(2).
Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Slavin, Robert. E. (2015). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Supratiknya, A. (2012). Penilaian Hasil Belajar dengan Teknik Nontes. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, A. (2016). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Susilowati, & Sumarjono. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran STAD dan NHT Ditinjau dari Hasil Belajar IPA. E-Journalkemitraan, 1(6), 768-777.
Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2011). Model-Model Pembelajaran Kooperatif. Bandung: CV Alfabeta.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v10i1.332
Article Metrics
Abstract view : 828 timesPDF - 450 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.