PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 25 RAJANG BEGANTUNG II MELALUI TEKNIK PROBING-PROMPTING

Andri Andri, Anyan Anyan, Lenni Marsella Sarry

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 25 Rajang Begantung II. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif bentuk penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, pengukuran, komunikasi tidak langsung, dan teknik studi dokumen, alat pengumpul data berupa lembar observasi, soal tes, lembar angket dan dokumentasi. Hasil setelah dilakukan penelitian penggunaan teknik probing-prompting masuk kriteria Sangat Baik dengan skor rata-rata hasil lembar aktivitas guru siklus I 92,70%  dan siklus II 96,87%  terjadi peningkatan sebesar 4,17%. Rata-rata hasil lembar aktivitas siswa siklus I 81,25% siklus II 96,25% terjadi peningkatan sebesar 15%, hasil tes pemahaman konsep  siklus I rata-rata 74,74 persentase ketuntasan klasikal 72,72% siklus II 85,62 persentase ketuntasan klasikal 90,90%. mengalami peningkatan sebesar 18,18%. Rata-rata hasil belajar siswa siklus I  77,27 persentase ketuntasan klasikal 81,81% siklus II rata-rata 87,27 persentase ketuntasan klasikal sebesar 100% meningkat sebesar 12,73%.  Hasil angket respon siswa diperoleh 92,72% dengan kategori sangat kuat.

 

Kata Kunci: Pemahaman konsep, hasil belajar, teknik probing-prompting, matematika

Full Text:

PDF

References


Darmawan, dkk. 2013. Implementasi Model TPS Dengan Probing Prompting Berbantuan CD Pembelajaran Pada Dimensi Tiga. Jurnal kreano.Vol 4. No 01. (Diakses 27 April 2017).

Huda, M. 2013. Model–Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Hutagaol, A.S.R. 2016. ”Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa SMP.” Jurnal Vox Education.Vol 7. No 2. Hal 14.

Mulyasa. 2013. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Offset.

Oktaviana, dkk. (2013) Pengaruh model pembelajaran kooperetif dengan teknik probing-prompting terhadap pemahaman konsep matematis. Jurnal pendidikan matematika. Vol 1 No 5. (diakses Oktober 2017).

Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

Sari dan Darminto. 2015. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui ProbingPrompting Kelas VIIB Smp Negeri 33 Purworejo. Jurnal

Ekuivalen Pendidikan Matematika.Vol 19. No 2. (diakses 7 juni 2017)

Suharsono. 2015. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Disposisi Matematik Siswa SMA Menggunakan Teknik Probing Prompting. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 2 No. 3. (diakses 19 April 2017).

Suharsono. 2015. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Disposisi Matematik Siswa SMA Menggunakan Teknik Probing Prompting. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 2 No. 3. (diakses 19 April 2017).

Undang-Undang SIKDIKNAS Nomor 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional. 2010. Bandung: Fokusmedia




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v9i1.35

Article Metrics

Abstract view : 164 times
PDF - 151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.