PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE IMAGINE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK

Eti Sunarsih, Shela Fristika

Abstract


Penelitian ini didasari oleh banyaknya nilai menulis siswa di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe imagine karena diharapkan dapat membantu siswa dalam menciptakan ide-ide atau gagasannya untuk menulis.. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis cerita pendek menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif dan rancangannya adalah penelitian tindakan kelas. Adapun data penelitian ini diambil melalui tes dan nontes. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran pada siklus 1 sebesar 83,33% dan pada siklus 2 sebesar 90,48% mengalami peningkatan sebesar 7,15%. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus 1 sebesar 81,94% dan pada siklus 2 sebesar 88,89% mengalami peningkatan sebesar 6,95%. Hasil menulis cerita pendek siswa pada siklus 1 rata-rata siswa sebesar 74,09% dan pada siklus 2 sebesar 86,33% mengalami peningkatan sebesar 12,24%.  Pada siklus 1 persentase ketuntasan siswa sebesar 71,875% dan pada siklus 2 sebesar 96,875% mengalami peningkatan sebesar 25%.

 

Kata Kunci: menulis, Cerita Pendek, Imagine.

Full Text:

PDF

References


Haryono. 2015. Bimbingan Teknik Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Amara Books.

Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Silberman, Melvin L. 2014. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Tarigan, Henry Guntur. 1982. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v10i1.350

Article Metrics

Abstract view : 164 times
PDF - 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.