EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

Florentina Rahayu Esti Wahyuni, Herani Kusuma

Abstract


Penelitian ini membahas tentang efektivitas metode demonstrasi dalam meningkatkan aktifitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia di kelas VIII C SMP N 3 Sintang. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriftif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan rancangan one group pretest-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII  SMP N 3 Sintang tahun ajaran 2010/2011, dengan sampel siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan metode demonstrasi. Pengambilan sampling dilakukan dengan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 30 soal. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa meningkat sebesar 75,26%. (2) Skor rata-rata hasil post test sebesar 20,275 dan standar deviasi sebesar 4,290. Berdasarkan perhitungan uji t dapat diketahui bahwa  atau 3,44  > 1,68 maka  ditolak, dan Ha diterima. (3) Pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dikatakan efektif dengan Effect Size sebesar 2,61 dan digolongkan dengan kriteria sedang. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menjawab soal materi sistem pernafasan manusia di kelas VIII C SMP N 3 Sintang.

 

Kata Kunci: Efektivitas, Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Sistem Pernapasan Manusia


Full Text:

PDF

References


Ali, M. 1985. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Penerbit Angkasa

Benjamin. (2009). Dampak Strategi Modeling Partisipan Terhadap Pemahaman Materi Tata Krama Pribadi (Berpakaian, Berhias, Adab Dalam Perjalanan, Bertamu Dan Menerima Tamu) Pada Siswa Kelas 1 SMA X. Skripsi tidak diterbitkan. Tersedia: http://gudangmakalah.blogspot.com/2009/08/skripsi-dampak-strategi-modeling.html. (Diakses: 23 Oktober 2010).

Ege, Benediktus. 2007. Efektivitas Media Lembaran Kartu Kerja (LKK) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Kelas X SMA Negeri 6 Pontianak. Pontianak: FKIP UNTAN

Gagne. (2009). Dampak Strategi Modeling Partisipan Terhadap Pemahaman Materi Tata Krama Pribadi (Berpakaian, Berhias, Adab Dalam Perjalanan, Bertamu Dan Menerima Tamu) Pada Siswa Kelas 1 SMA X. Skripsi tidak diterbitkan. Tersedia: http://gudangmakalah.blogspot.com/2009/08/skripsi-dampak-strategi-modeling.html. (Diakses: 23 Oktober 2010).

Nawawi, H. (1985). Metode Penelitian Bidang Sosial. Jogyakarta: Gajah Mada University Perss.

Raco, J.R.(2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Gramedia Widiasaran Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v3i2.412

Article Metrics

Abstract view : 11 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.