PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X PADA POKOK BAHASAN LINGKUNGAN

Yakobus Bustami, Sugeng Purnomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Sintang pada pokok bahasan lingkungan. Sampel dalam penelitian ini ada dua yaitu kelas XC sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XD juga sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua kali pertemuan untuk masing-masing kelas. Setiap kelas dilaksanakan tes awal dan tes akhir. Tes awal untuk mengetahui kemampuan dasar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan asumsi kedua kelas homogen, hasil tes awal kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Mean tes awal kelas eksperimen 46,83 dan kelas kontrol 47,16. Mean tes akhir kelas eksperimen 77,16 lebih tinggi dari tes akhir siswa kelas kontrol yaitu 66,83. Hasil analisis tes akhir menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen untuk kelas kontrol dan untuk kelas eksperimen berdistribusi tidak normal dan homogen. Karena salah satu sampel berdistribusi tidak normal maka dianalisis dengan uji U Mann-Whitney. Setelah dilakukan analisis uji U Mann-Whitney deperoleh nilai hitung 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa. Besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar biologi siswa yaitu 10,33 poin.

 

Kata Kunci: STAD, Hasil Belajar, Lingkungan


Full Text:

PDF

References


Ali, M. (1985). Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa Bandung.

Efi. (2007). Perbedaan Hasil Belajar Biologi Antara Siswa Yang Dilajar Melalui Pendekatan Cooperatif Learning Tipe JIGSAW Dengan Tipe STAD. Skripsi. Unuversitas Islam Negeri Syarif Hidayatulloh Jakarta. Tidak Diterbitkan. (Online). Tersedia http://efi.wordpress.com. (Diakses 14 April 2012).

Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitati dan R & D. Bandung: CV Alfabet.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitati dan R & D. Bandung: CV Alfabet.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktifistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v3i2.415

Article Metrics

Abstract view : 29 times
PDF - 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.