PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA

Benediktus Ege, Mario Asido Simorangkir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio-visual terhadap hasil belajar siswa kelas VIII sekolah menengah pertama pada materi sistem peredaran darah manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbentuk setengah eksperimen dan jenisnya adalah setengah eksperimen (Quasi Experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kelam Permai yang terdiri dari kelas VIIIA,VIIIB,VIIIC dan VIIID. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Simple porposive sampling yaitu peneliti bebas memilih sampel penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA yang berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen  dan VIIIB yang berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes. Berdasarkan analisis data maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: Hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan media ­audio-visual adalah 68,81 sedangkan hasil belajar siswa pada kelas kontrol dalam pembelajaran menggunakan metode ceramah adalah 67,53. Berdasarkan uji hipotesis pre-test pada kelas eksperimen dihitung secara statistik menggunakan uji z dengan α = 0,05 maka diperoleh Zhitung < Ztabel -8,2773 < 0,33) dan nilai post-test diperoleh Zhitung > Ztabel (2,613 > 0,33). Nilai pre-test pada kelas kontrol dihitung secara statistik menggunakan uji z dengan α = 0,05 maka diperoleh Zhitung < Ztabel (-6,3059 < 0,33) dan nilai post-test diperoleh Zhitung > Ztabel  (2,712 > 0,33), maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini berarti terjadi kenaikan hasil belajar siswa  menggunakan media audio-visual siswa kelas VIII pada materi sistem peredaran darah manusia. 

 

Kata Kunci: Media audio visual, hasil belajar, sistem peredaran darah manusia

 

 

 

 


Full Text:

PDF

References


Adri. 2008. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Media Pembelajaran. [Online]. Tersedia: http://muhammadadri.wordpress.com. [30 Maret 2012].

Amin, S dan Lamere, F. 2010. Makalah Media Audio-Video untuk Pembelajaran.[online].Tersedia: http://benrant.files.wordsfress.com/2010/02/audio-video.jpeg. [ 29 Maret 2011 ].

Azyar. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jambi: Gaung Perada.

Darmadi, Hamid. 2005. Profesi Kependidikan. Pontianak.

Purwanto. 2011. Prinsip- Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: PT Remaja Rosdakkarya.

Sudjana N. 1996. Penelitian HasilProses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang RI 2003 Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v3i2.416

Article Metrics

Abstract view : 33 times
PDF - 1267 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.