PENGARUH PENERAPAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT

Dessy Triana Relita, Maria Karolina

Abstract


Tujuan umum yang ingin diketahui dari penelitin ini adalah “untuk mengetahui pengaruh penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar siswa pada materi kegiatan ekonomi masyarakat di kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Dedai”. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran resitasi yang menjadi variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Bentuk penelitian dalam penelitian ini adalah berbentuk eksperimen. Jenis penelitiannya adalah eksperimen true experiment. Desain penelitiannya adalah pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di  Sekolah Menengah Pertama  Negeri 2 Dedai yang terdiri dari kelas VIIA, VIIB, VIIC,  dan VIID dengan seluruh jumlah siswa 161. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling, kelas VIIA dan VIIB sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pengukuran. Alat pengumpulan datanya berupa soal tes. Berdasarkan perhitungan menggunakan uji z pada taraf signifikan α = 0,05 terhadap data post-test I kelompok eksperimen  diperoleh zhitung  = 1,28 dan ztabel = -1,65 atau zhitung > -ztabel = 1,28 > -1,65 sedangkan  kelompok kontrol diperoleh zhitung  = -1,08 dan ztabel = -1,65 atau -zhitung < -ztabel = -1,08 < -1,65.  Perhitungan data post-test II kelompok eksperimen  diperoleh zhitung  = 0,61 dan ztabel = -1,65 atau zhitung > -ztabel = 0,61 > -1,65 sedangkan  kelompok kontol diperoleh zhitung  = -1,08 dan ztabel = -1,65 atau -zhitung < -ztabel = -1,08 < -1,65. Artinya data post-test I dan II pada kedua kelompok memiliki perbedaan yang nyata maka Ho ditolak dan Ha diterima = terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan metode resitasi dan metode ceramah terhadap hasil belajar siswa pada materi kegiatan ekonomi masyarakat.

 

Kata Kunci: Penerapan Metode Resitasi, Hasil Belajar Siswa dan Kegiatan Ekonomi Masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2005). Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahri, S. dan Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Siswatmadja, H. (2005). Strategi Belajar Mengajar Bahan Ajar pada FKIP Universitas Tanjungpura. Pontianak: tidak diterbitkan.

Subandi. (2002). Metode Penelitian. [Online]. Tersedia: http://komunitasmahasiswa.info/2009/07/definisi-dan-tipe-variabel-bag- 1/.html. (Tanggal akses: 22 Maret 2010).

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA.

Uno, B. (2006). Perencanaan pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v3i2.417

Article Metrics

Abstract view : 9 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.