PERSEPSI MAHASISWA PRODI. PENDIDIKAN EKONOMI STKIP PERSADA KHATULISTIWA SINTANG TERHADAP PROFESIONALITAS GURU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG GURU DAN DOSEN NO 14 TAHUN 2005

Anna Marganingsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: persepsi mahasiswa Prodi. Pendidikan Ekonomi terhadap (1) kualifikasi akademik, (2) kompetensi pedagogik, (3) kompetensi kepribadian, (4) kompetensi profesional, dan (5) kompetensi sosial. Penelitian ini adalah penelitian survei yang dilakukan terhadap mahasiswa Prodi. Pendidikan Ekonomi STKIP Persada Khatulistiwa pada Tahun Akademik 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 95 mahasiswa. Data yang terkumpul untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap Undang-undang No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan mengambil kecenderungan sentral maupun dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi mahasiswa Prodi. Pendidikan Ekonomi terhadap kualifikasi akademik Guru sebanyak 53,6% sangat baik dan 33,7% baik. Hanya sebagian kecil yang pemahamannya cukup dan kurang masing-masing 9,94% dan 2,76%. Artinya mahasiswa Prodi. Pendidikan EkonomiSTKIP Persada Khatulistiwa Sintang sudah memahami jika Guru harus memiliki pendidikan sarjana, (2) Persepsi mahasiswa Prodi. Pendidikan Ekonomi terhadap kompetensi pedagogik Guru sebesar (1,1%) berpersepsi sangat baik, (66,3%) berpersepsi baik, (25,45%) berpersepsi cukup dan (2,21%) berpersepsi cukup. (3) Persepsi mahasiswa Prodi. Pendidikan Ekonomi terhadap kompetensi kepribadian sebesar (24,31) berpersepsi sangat baik, (53,59%) berpersepsi baik, (19,89) berpersepsi cukup dan (2,21% ) berpersepsi kurang, (4) Sebesar (54,141%) mahasiswa Prodi. Pendidikan Ekonomi menyatakan sangat setuju jika seorang Guru harus memiliki kompetensi profesional, (29,83%) mahasiswa yang menunjukkan persepsinya baik, (11,05%) persepsinya cukup dan (4,97%) pemahamannya kurang baik, dan (5) Sebesar (63,5%) mahasiswa Prodi. Pendidikan Ekonomi sangat baik persepsinya terhadap kompetensi sosial, (22,7%) persepsinya termasuk baik, (8,84%) persepsinya cukup dan (4,97%) persepsinya kurang baik.


Kata kunci: Persepsi, Kompetensi Guru, Undang-undang Guru dan Dosen nomor 14 tahun 2005.


Full Text:

PDF

References


Ilusi tentang Guru dan Profesionalisme, Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Eko Prasetyo. 2007. Guru, Mendidik itu Melawan, Cet. 2. Jogjakarta: Resist Book. Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.2003. Kurikulum 2002: Kurikulum Berbasis Kompetensi

Mulyasa E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muhaimin, Dkk. 1999. Kontroversi Pemkiran Fazlur Rahman: Sudi Kritis Pembaharuan Pendidikan Islam, Dinamika: Cirebon.

Vox Edukasi Vol 4, No 1 April 2013 Anna Marganingsih., Persepsi Mahasiswa Prodi... 13

Muhaminin dan Abdul Mujib. 1993. Pemiiran Pendidikan IslamL Kajian Filosofi dan Kerangka Dasar Operasionalisasinya. Trigenda Karya: Bandung.

Musbikin, Imam. 2010. Guru yang Menakjubkan. Buku Biru: Yogyakarta.

Neni Utami Adiningsih. Kualitas dan Profesionalisme Dosen. Artikel diakses dari http:/www.pikiranrakyatcybermedia pada tanggal 23 Maret 2006

Natsir, Nanat Fatah. 2007. Jurnal EDUCATIONIST No. I Vol. I Januari 2007, Pemberdayaan Kualitas Guru Dalam Perspektif Pendidikan Islam, UPI: Bandung.

Republik Indonesia. 2005. Undang-Undang No 14 Tahun 2005 tentang GURU DAN DOSEN Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Republik Indonesia. 2005. Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan

Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Sugeng Mardiyono. 2006. Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Dosen. Makalah. Disampaikan dalam rangka seminar Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Guru yang diselenggarakan oleh FISE UNY 10 Mei 2006

Suara Merdeka, 1 Oktober 2010 (Berita)

Sulaiman, Tathiyah Hasan, 1986. Alam Pikiran al-Ghazali Mengenai Pendidikan dan Ilmu. CV. Diponegoro: Bandung.

UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v4i1.437

Article Metrics

Abstract view : 18 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.