PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTIONS, READ, REFLECT, RETICE, REVIEW) UNTUK MENINGKATKAH HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN KELAS VIII. (SMP PANCA SETYA 2 SINTANG)

Didin Safrudin, Martha Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa, hasil belajar siswa, peningkatan hasil belajar, serta respon siswa dengan menggunakan strategi PQ4R pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas dan desain one group pretest-postest. Data dikumpulkan dengan tehnik pengukuran dan komunikasi tidak langsung. Tehnik pengkuran berupa tes tertulis yang bertujuan untuk memperoleh data kemampuan atau pengetahuan subjek pembelajar. Tes tertulis menggunakan soal-soal pilihan ganda berjumlah 15 butir soal. Tehnik analisa data untuk peningkatan hasil belajar menggunakan rumus nilai indeks gains Hake. Kesimpulan penelitian ini yaitu terjadi peningkatan hasil belajar adalah 0.49 dengan kategori sedang.Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi system pencernaan manusia dengan uji hipotesis thitung>ttabel (11.14 > 1.72). Respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi system pencernaan manusia sangat kuat (88.57%). Saran yang dapat dituliskan tentang hasil penelitian ini adalah kepada peneliti selanjutnya dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada aspek kerja ilmiah dan psikomotorik siswa.

Kata kunci : Model Pembelajaran, Cooperative Learning Tipe STAD, Hasil Belajar,


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Herdian. (2009). Model Pembelajaran Student Teams Achiviement Division (STAD). http;//librarycorner.org/. diakses pada tanggal 27 Oktober 2011.

Kusumawati. Dkk. (2011). Buku Pegangan Guru IPA Terpadu Kelas VIII Semester 1. Jakarta: Intan Pariwara

Nawawi. (2009). Rencana dan Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v4i1.438

Article Metrics

Abstract view : 25 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.