PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU

Eliana Yunitha Seran

Abstract


Tujuan penelitian ini ingin mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan kelas kotrol yang tanpa diberi perlakuan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Sampel dalam penelitian ini ada dua yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu lembar observasi, soal test, dan dokumentasi. Hasil data aktivitas pembelajaran siswa menggunakan lembar observasi menyatakan bahwa rata-rata pertemuan I 90,90% dan pertemuan ke II 95%. Data hasil tes diperoleh dari tes awal (pretest) untuk mengetahui pengetahuan dasar siswa dengan nilai rata-rata kelas ekspeimen sebesar 54,82 dan rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 54,25, sedangakan nilai tes akhir (posttest) yaitu untuk melihat apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata kelas eksperimen 70,35 dan nilai rata-rata kelas kontrol 62,77. Pada pada uji normalitas dan homogenitas, data tersebut berdistribusi normal dan homogen, maka langlah selanjutnya yaitu dengan menggunakan uji pengaruh dengan menggunakan statistik parametrik dengan uji t dengan α = 0,05 maka diperoleh nilai thitung > ttabel atau 2,437 > 2,006 sehingga Ha diterima dengan pernyataan terdapat pperbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan kelas kotrol yang tanpa diberi perlakuan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.


Kata kunci: Model Pembelajaran Talking Stick dan Hasil Belajar Siswa


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nawawi. (2003). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah

Mada University Press.

Ridwan. (2008). Metode dan Teknik Menyusun Thesis. Bandung: Alfabeta

Taniredja, T. Dkk. (2013). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Hisnu, T. dan Winardi. (2008). Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI

Kelas 4. Depok: Galaxy Puspa Mega.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v4i1.439

Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF - 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.