KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLiS) PADA MATA PELAJARAN IPA DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Imanuel Sairo Awang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran children learning in science (CLiS) pada mata pelajaran ipa ditinjau dari minat dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan nonequivalent comparison-group  design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik SD Negeri 5 Sintang kelas VA sebagai kelompok eksperimen sementara kelas VB sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 32. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, model pembelajaran CLiS efektif dilaksanakan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas V khususnya pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam.

 

Kata kunci: CLiS, Minat, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Kurniawan, D. (2011). Pembelajaran terpadu. Bandung: Pustaka Cendekia Utama.

Depdiknas. (2003) Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 23, Tahun 2006, tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan pendidikan Dasar dan Menengah.

Jihad, A. dan Haris, A. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.

Johnson, B., & Christensen, L. (2008). Educational research: quantitative, qualitative, and mixed approaches. Third edition. USA: Sage Publication, Inc.

Mahmud. (2010). Psikologi pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Syah, M. (2008). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nitko, A.J., & Brookhart, S. M. (2007). Educational assessment of students. (5th ed) New Jersey: Pearson Educational.

Hamalik, O. (2011). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Samatowa, U. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Sumaji, dkk. (1998). Pendidikan sains yang humanistis. Yogyakarta: Kanisius.

Trefil, J., & Hazen, R.M. (2010). The sciences an integrated approach (6th ed). Canada: John Wiley & Sons, Inc.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v4i2.445

Article Metrics

Abstract view : 19 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.