PENGGUNAAN HEWAN DAN TUMBUHAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA BIOLOGI PADA KONSEP SEL

Hilarius Jago Duda

Abstract


Tujuan umum dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pendidikan biologi pada pokok bahasansel hewan dan tumbuhan. Tujuan khusus penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada materi sel hewan dan tumbuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment. Sampel yang digunakan dalam penelitian in adalah mahasiswa STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, program studi pendidikan biologi semester 4 yang terdiri dari dua kelas. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah: soal tes berpikir kritis. Prosedur pelaksanaan penelitian adalah tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis data . Teknik analisis data dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji Gain ternomalisasi, uji hipotesis, dan uji perbedaan dua rata-rata. Dari hasil penelitian dpat diketahui bahwa rata-rata kemampuan bepikir kritis mahasiswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, dimana pada kelas eksperimen adalah 87,20 sedangkan pada kelas kontrol 79,80, dari hasil uji terlihat bahwa Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dimana lebih kecil dari 0,05 sehingga dapt dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran berbasis praktikum dengan pembelajran yang konvensional. 

Kata kunci: hewan dan tumbuhan lokal, pembelajaran berbasis praktikum, kemamapuan berpikir kritis


Full Text:

PDF

References


Baihaqi (2005). "Peningkatan Penguasaan Konsep Mahasiswa SMP Kelas II pada Sub Pokok Bahasan Lensa dengan Model Pembelajaran Berbasis Praktiku7m." Tesis pada SPs UPI.

Tidak diterbitkan.

Camphell,N,A. Reece . J.B, & Mitchell, L.G, (2003). Biologi. Jakarta: Penerbit Erlangga

Depdiknas. 2003 Kurikulum Berbasis Kompotensi Mata Pelajaran sains.

Jakarta: Depdiknas.

Freankell,R.j, & Wallen, N,C. (2006) How to Design and Evaluate Research in Education. London: Mc. Graw Hill. Inc

Liliasari, 1999. Pengembangan Model Pembelajaran Berdasarkan konstruktivisme untuk Meninggkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat tinggi. Makalah: Pusat Studi Komputer Sains IKIP Bandung: Tidak diterbitkan.

Puspita, G.N.2008. Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Konsep Reproduksi Hewan untuk Meningkatakan Penguasaan Konsep, Keterampilan Generik, dan Berpikir Kritis Mahasiswa kelas IX. Tesis Magister pada SPs UPI: Tidak diterbitkan

Sanjaya, w. 2008. Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Santyasa, I.w.2004 Model Problem Solving dan Reasoning Sebagai Alternatif Pembelajaran Inova-tif (Makalah). Disajikan dala konvensi Nasional Pendidikan Indonesia V. IKIP Negeri Singaraja.

Sukmana, R.W. 2008. Perbandingan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Multi-media Ilustrasi Statis dan Animasi [ada Pembelajaran Reproduksi Sel. Tesis Magister pada SPs UPI: Tidak diterbitkan.

Susanto, 2002 " Pembelajaran Konstruktivisme dan Konteks-tual Sebagai Pendekatan dan Metodologi Pembelajaran Sa-ins dalam Kurikulum Berbasis Kompotensi." Makalah UNM, mALANG.

Wiersma, w. 1999. Research Methods In Education, Massahusetts: A Simon and Schuster Company.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v3i1.451

Article Metrics

Abstract view : 200 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.