RASA KEBANGSAAN PADA MAHASISWA ASAL WILAYAH PERBATASAN INDONESIA-MALAYSIA

Mardawani Mardawani

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah untuk mengtetahui bagaimana  Rasa Kebangsaan pada Mahasiswa Asal Perbatasan Indonesia –Malaysia? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian studi kasus. Data yang dikumpulkan diperoleh dari hasil wawancara, angket,lembar  observasi, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa terdapat 4 tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa asal wilayah perbatasan, yakni  faktor ekonomi, kedekatan jarak tempuh, sejarah masdyarakat, dan pembanguna infrastuktur yang belum memadai. Pada hakikat rasa kebangsaan mahasiswa asal wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia tergolong baik. Mahasiswa memiliki tekad terintegrasi ke dalam NKRI yang ditunjukan dalam wujud  sikap nasionalisme dan kecintaan terhadap identitas nasional. Dari hasil penelitian ini di harapkan adanya peran pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah serta masyarakat dalam membina rasa kebangsaan pada masyarakat perbatasan.

Kata kunci: rasa kebangsaan, wilayah perbatasan

Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekata Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Hadiwijoyo S, S. 2009. Batas wilayah Negara Indonesia: Dimensi, Permasalahan, dan Penanganan (sebuah Tinjauan Empiris Yuridis). Yogyakarta: Gavamedia.

Miles, Mathew B dan Huberman, Michael. 1992. Analisa Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode Baru, Terjemahan Tjetjep Rohendy (2007), Jakarta: UI Press.

Syaifullah. 2009. Nasionalisme di Tapal Batas, Sebatik Beranda Yang Tak Terurus. Kompas: Kalimantan Timur

Thontowi, .J. 2011. Penguatan Nasiopnalisme Kebangsaan Nation state. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v3i1.452

Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.