ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI PENUNJANG MATA KULIAH KAJIAN FIKSI

Saptiana Sulastri

Abstract


 

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar berbasis kearifan lokal sebagai penunjang mata kuliah kajian fiksi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek yang dipilih mahasiswa pada salah satu kelas yang ada di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak. Instrumen pengumpul data adalah wawancara yang ditujukan kepada dosen dan mahasiswa. Untuk menganalisis kebutuhan bahan ajar berbasis kearifan lokal sebagai penunjang mata kuliah kajian fiksi menggunakan kualitatif yang diperoleh dari tanggapan dosen pengampu mata kuliah dan mahasiswa terkait dengan kebutuhan bahan ajar berbasis kearifan lokal sebagai penunjang mata kuliah kajian fiksi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

 

Kata Kunci: kebutuhan bahan ajar, kajian fiksi,kearifan lokal

Full Text:

PDF

References


Dewi, Annisa A. (2009). Buku sebagai Bahan Ajar Sebuah Perbandingan Buku Teks Bahasa Inggris di Indonesia dan di Thailand. Sukabumi: CV Jejak.

Muslich, Mastur. (2010). Text Book Writing. Jogjakarta: Ar-ruz Media.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v10i2.507

Article Metrics

Abstract view : 100 times
PDF - 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.