PENINGKATAN KETERAMPILAN INTELEKTUAL MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT CITIZEN PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Rohani Rohani, Muhammad Anwar Rube’i

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  keterampilan intelektual melalui penerapan model project citizen pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester II program Studi PPKn IKIP-PGRI Pontianak dengan jumlah 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan model pembelajaran project citizen yang dilakukan peneliti seperti membuat peta kajian materi, Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, instrumen penelitian, angket dan dokumentasi. Penerapan langkah-langkah model project citizen seperti, mengidentifikasi masalah, memilih masalah yang ingin dibahas di kelas, mahasiswa mengumpulkan informasi, mengembangkan portofolio, dan menyajikan portofolio. penerapan model project citizen dapat meningkatkan keterampilan intektual hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data keterampilan intektual  siklus I  mencapai 69% , siklus II mencapai 74 % dan siklus III mencapai 85 % .

Kata Kunci: keterampilan intektual, project citizen.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S,, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Branson, M.S. dkk .1999. Belajar “Civic Education” dari Amerika. Yogyakarta: LKIS dengan didukung The Asia Foundaton (TAF)

Budimansyah, D. 2009. Inovasi pembelajaran Project Citizen. Program Studi Pendidikan Kewaraganegaraan UPI.

Budimansyah, D. dan Karim Suryadi, 2008, PKn dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi PKn SPs UPI.

Budimansyah, D. 2008. Revitalisasi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen)” .Acta Civicus Vol. 1. Nomor 2, April 2008.

Burns, A. 2010,Doing Action Research In English Language Teaching A Guide For Practitioners. Australia: Departemen Of Linguistich, Macquarie University.

Chaeruman, Uwes. 2010. E-Learning dalam Pendidikan Jarak Jauh. Jakarta : Kemendiknas.

Gregory, S. C. H. 2013. “The Importance Of action Research In teacher Education Program”. Journal Issues In Educational Research. (online) tersedia. www.iier.org.au. (31 Maret 2016).

Mahayukti G.A dan Suarsana. I M, 2013, Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa, Jurnal Pendidikan Indonesia, p. 264

Komalasari,K. 2012. The Effect of Contextual Learning in Civic Education on Student s Civic Skills. EDUCARE: International Journal for Education Studies. Volume 4 Number 2.

Mulyoto. G.P dan Samsuri. 2017. Pengaruh Model Project Citizen dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Penguasaan Kompetensi Kewarganegaraan dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Civicus Volume 14 No. 1.

Murdiono.2010. Peningkatan Keterampilan Kewarganegaraan Civic Skills) Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Volume 3 No.1.

Rohani, 2016. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Metode Diskusi Bervariasi, Ucej: Untirta Civic Education Journal Volume 1 No. 2 hal. 112-222




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v10i2.509

Article Metrics

Abstract view : 521 times
PDF - 284 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.