METODE PENANAMAN NILAI BUDAYA DALAM PENGASUHAN ANAK USIA DINI PADA KELUARGA DAYAK DESA

Fransiska Fransiska, Suparno Suparno

Abstract


Abstract: Every region in Indonesia is unique in preserving the culture of the area, one of which is through the method of planting cultural values related to early childhood care. However, along with the development of an increasingly modern era makes the planting of cultural values begin to erode with new cultures that enter the community environment. The purpose of this research is to describe the method of teaching cultural values in the care of young children in the Dayak Desa family. This research uses a qualitative approach to the type of case study research. Information in this research consisted of traditional leaders, hamlet heads, and parents with data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques using interactive models from Miles and Huberman. The results showed that: (1) Methods of inculcating cultural values in the care of early childhood include padah pəlajaR (advice), contoh (example), pəjamak (habituation), bətutuR (dialogue), ukum (punishment). (2) The application of the method of teaching cultural values is done through direct communication, habituation, and giving advice.

Keywords: The method of Teaching Culture Value, Parenting for Early Children, Family of Dayak Desa

 

Abstrak: Setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki keunikan dalam melestarikan budaya daerahnya salah satunya adalah melalui metode penanaman nilai budaya yang berkaitan dengan pengasuhan anak usia dini. Akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern membuat penanaman nilai budaya ini mulai terkikis dengan budaya-budaya baru yang masuk ke dalam lingkungan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang metode penanaman nilai budaya dalam pengasuhan anak usia dini pada keluarga Dayak Desa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Infoman dalam penelitian ini terdiri dari ketua adat, kepala dusun dan orang tua dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan interactive model dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode penanaman nilai budaya dalam pengasuhan anak usia dini meliputi padah pəlajaR (nasihat), contoh (teladan), pəjamak (pembiasaan), bətutuR (dialog), ukum (hukuman). (2) Penerapan metode penanaman nilai budaya dilakukan melalui komunikasi langsung, pembiasaan dan pemberian petuah (nasihat)

Kata Kunci: Metode Penanaman Nilai Budaya, Pengasuhan Anak Usia Dini, Keluarga Dayak Desa


Full Text:

PDF

References


Awde, Nadine. 2009. The Infuence Of Cultural Values On The Parent-Child Interaction Patterns Of Families From An Asian Background. Arecls., VI (2): 1-17.

Cresswel J. W. (2013). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Herpanus. (2014). Bahasa dan Etnobotani Suku Dayak Desa Tantangan Perubahan Ekologi. Pontianak. STAIN Pontianak Press.

Lestari S. (2016). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Prenadamedia Group.

Miles B. Matthew, Huberman Michael A., Saldana Johnny. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Amerika Serikat. SAGE.

Muhammad, B. (2013). Pokok-Pokok Hukum Adat. Balai Pustaka. Jakarta.

Musi M. A, dkk. (2015). Pengasuhan Anak Usia Dini Perspektif Nilai Budaya Pada Keluarga Bajo di Kabupaten Bone. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI. 18(1). 39-49.

Haryati & Sumarno (2014). Pemahaman Kopetensi Parenting Terhadap Perkembangan Sosial Anak. (Studi Kasus Pada Kelompok Bermain di Pakem, Sleman). Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. 1 (1). 32-49.

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Nomor 2 tahun 1989 pasal 28 C Ayat 2.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v10i2.516

Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF - 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.