POLA ASUH ORANG TUA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA SUBSUKU DAYAK INGGAR SILAT

Adpriyadi Adpriyadi, Sudarto Sudarto

Abstract


Abstrak:

Negara dengan tegas menjamin hak setiap warga negaranya untuk mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya tanpa kecuali. kenyataannya,  masih banyak ditemukan anak yang putus sekolah, termasuk pada Subsuku Dayak Inggar Silat. Masalah ini perlu mendapat perhatian semua pihak. Karena jika dibiarkan tidak menutup kemungkinan anak-anak di daerah terpencil seperti masyarakat Subsuku Dayak Inggar Silat  ini selalu mengalami ketertinggalan. Masalah tersebut erat kaitannya dengan pola asuh yang diterapkan oleh orang tua. Oleh karena itu pola asuh  anak usia dini pada masyarakat Subsuku Dayak Inggar Silat  ini perlu dikaji secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :  pemahaman orang tua tentang pola asuh anak usia dini;  pola yang diterapkan orang tua dalam pola asuh  anak usia dini; faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pola asuh anak pada masyarakat Subsuku Dayak Inggar Silat. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman orang tua pada Subsuku Dayak Inggar Silat termasuk kategori baik. Orang tua umumnya memahami bahwa pendidikan itu sangat penting. Hal ini dapat diketahui dari jawaban seluruh informan yang mengatakan bahwa menginginkan anak-anak mereka untuk tetap sekolah dan mengapai cita-cita setinggi tinginya demi masa depan yang lebih baik. Pola asuh yang diterapkan oleh sebagian besar masyarakat subsuku dayak inggar silat adalah pola asuh permisif dan pola demokratis. Faktor-faktor yang mempengaruhi pola asuh anak adalah: tingkat pendidikan orang tua, status sosial ekonomi, jumlah anak, usia dan jarak tempat tinggal ke sekolah.

Kata Kunci: pola asuh, subsuku dayak  inggar silat


Full Text:

PDF

References


Adawiah, Rabiatul. 2017. Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak, Artikel (Online)(https://media.neliti.com/media/publications/121261-ID-pola-asuh-orang-tua-dan-implikasinya-ter.pdf, diakses 23 Agustus 2018)

Alloy, Sujarni dkk. 2008. Mozaik Dayak Keberagaman Subsuku dan Bahasa Dayak di Kalimantan Barat. Pontianak: Institut Dayakologi

Ani ,Siti Anissah. 2011. Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak, Artikel (Online)( https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/43, diakses 23 Agustus 2018.

Anisa, Siti. 2005. Kontribusi Pola Asuh Orang tua terhadap Kemandirian Siswa Kelas II SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2004/2005. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunarsa, Singgih. 2002, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta: Gunung Mulia.

Hurlock, E.B.1999. Chlid Developmant Jilid II, terjemahan Tjandrasa, Jakarta: Erlangga.

Moleong, Lexi J. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Pemilu, Anik. 2007. Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan. Panduan Lengkap Cara Mendidik Anak Untuk Orang Tua. Citra Media: Yogyakarta

Sochib, Moch. 2000. Pola Asuh Orang Tua. Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. RinekaCipta:Jakarta.

Suarsini, Desy. 2013. Pola Asuh Orang Tua, Artikel (Online)(http;//desysuar.blogspot.com, di akses 22 Agustus 2018.

Subana, M., Sudrajat, 2011, Dasar – Dasar Penelitian Ilmiah, Bandung: Pustaka Setia.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v10i2.538

Article Metrics

Abstract view : 154 times
PDF - 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.