PENERAPAN STRATEGI METAKOGNISI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DI KELAS VII SMP NEGERI 3 SATU ATAP BALAI

Ivana Evivania, Anita Anita, Ira Nofita Sari

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan strategi metakognisi terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu di kelas VII SMP Negeri 3 Satu Atap Balai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Satu Atap Balai yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A dan kelas VII B. Adapun sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen berjumlah 29 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol berjumlah 29 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Alat pengumpulan data adalah tes posstest yang berbentuk essay. Berdasarkan dari hasil pengolahan data diperoleh rata-rata hasil belajar siswa data posstest sebesar 70,52 pengujian hipotesis dengan uji t-test independent sample dengan α = 5% diperoleh  = 0,000 dan = 0,05 maka Ha diterima. Hal ini bearti terdapat pengaruh strategi metakognisi terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu di kelas VII SMP Negeri 3 Satu Atap Balai. Perhitungan effect size diperoleh sebesar 2,15 sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi metakognisi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan kriteria tinggi.

 Kata Kunci: Strategi Metakognisi, Suhu, Hasil Belajar

 

ABSTRACT

 The purpose of this study is to find out how the influence of the implementation of metacognition strategies on student learning outcomes in the temperature material in class VII SMP Negeri 3 Satu Atap Balai. The  population in this study were all students of class VII SMP Negeri 3 Satu Atap Balai consisting of two classes, slass VII A and Class VII B The sample of this study was class class VII A as an experimental class totaling 29 students and class VII B as a control class totaling 29 students selected by cluster random sampling tecnique. The data collection tecnique used is the measurement technique. Data collection tools are posstest tests in the form of essays. Based on the results of data processing obtained an average student learning outcomes posstest data of 70,52 hypothesis testing with independent sample t-test with α = 5% obtained  = 0,000 and = 0,05 then Ha is accepted. This means that there is an influence of metakognition strategis on student learning outcomes in the tempereture material, in class VII SMP Negeri 3 Satu Ata Balai. The calculatoin of  the effect size obtained by 2,15 can be concluded that the metakognition strategy affects the learning outcomes of students with high criteria.

KeywordsMetacognition Strategies, Temperature, Learning Outcomes


Keywords


Strategi Metakognisi, Suhu, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anita & Assagaf, S.L.H. (2019) Analisis Kemampuan Metakognisi Mahasiswa Calon Guru. VOX Edukasi 10 (1) 62.

Khoiriah, T. (2015). Pengaruh Strategi Belajar Metakognisi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Sistem Pencernaan pada Manusia. Fakultas Ilmu Tabiyah dan Keguruan (FITK) Jakarta: Tidak diterbitkan.

Nurmalasari, RL.,dkk. (2015) Pengaruh Kemampuan Metakognisi Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri 2 Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Jurnal Nusantara Of Research , 2(2), 133-147.

Purwanto, Ngalim. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putri, AW., dkk. (2012). Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif dalam Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar. Unnes Jurnal Of Biology Education. 1 (3), 266- 271.

Roestiyah, N, K. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Suardi, S. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Para Ilmu.

Subana, M., & Sudrajat. (2011). Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: CV Pustaka Setia

Yongrim. (2014). blogspot.com Metode Praktik Lansung.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v11i1.545

Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.