PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI KULIAH MAHASISWA JURUSAN SOSIOLOGI ANGAKATAN 2016-2019 FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Rusmiatul Ulya, Ajeng Ima Sukmawati, Annisa Titnia, Nadya Bherta Viana Putri, Rendi Kurnia Putra, Yus'afin Taji Alam

Abstract


ABSTRAK

Mahasiswa jurusan Soiologi angkatan 2016 -  2019 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang mendapatkan pembagian golongan UKT. Artikel ini bertujuan untuk memaparkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pembayaran UKT dipengaruhi oleh pendapatan orang tua sehingga dapat mengukur motivasi kuliah mahasiswa dalam pembelajaran pada taraf rendah, sedang, atau tinggi. Metode yang digunakan yaitu dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan datanya menggunakan accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 72 orang dari populasi sejumlah 345 mahasiswa. Hasil dari penelitian ini yaitu H0 diterima yang menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh antara pendapatan orang tua terhadap motivasi kuliah dengan nilai koefisien korelasi uji pearson product moment – 0,94. Faktor faktor yang mempengaruhi hal yang lain dari penemuan data dengan penghitungan taraf signifikansinya variabel X (pendapatan orang tua) terhadap variabel Y (motivasi kuliah) sejumlah 1% dan sisanya 99% variabel X (pendapatan orang tua) mempengaruhi faktor-faktor lainnya seperti dorongan orang tua, teman, cita-cita dan lain sebagainya

Kata Kunci: Pendapatan orang tua, motivasi kuliah, pembagian kelas.

 

ABSTRACT

The department of Soiology at the 2016-2019 State College of Social Sciences gt its UKT division. The purpose of this artichel is to expresent benefits that show that UKT paymennts are affected by parental income and can thus measure the motives for studentlecture in lowe, moderate, or high levels of study. The method used ia s quantitative approach and the data-collecting technique using an intermediate sampling by the mumber 72 respondents in the population of 345 studentd. The result of this study is a H0 received which states that there is no influence betweenparental incentives and a coefficient value of the pearson product moment test -0,94. Factors the affect others of the discovery of data with its significant scale of variabel X (the parents’ income) on variable Y (the motivation for collage) of 1% and the rest of 99% variable X (the parents’ income affect other factors such as the drive of parents, friends, ideals and so on.

Keywords: Parents’ income, motivation in learning, class division

Keywords


Pendapatan Orang Tua, Motivasi Kuliah, Pembagian Kelas

Full Text:

PDF

References


BPS Kota Malang. 2019. Jumlah Kepadatan Penduduk Kota Malang, (online), (https://malangkota.bps.go.id/dynamictable/2019/505/14/18/jumlah-penduduk-di-kota-malang-menurut-kecamatan-dan-jenis-kelamin-2000-2010.html). Di akses pada tangal 2 Oktober 2019.

BPS Kota Malang. 2019. Jumlah Kepadatan Penduduk, Pertumbuhan Penduduk, Rasio Jenis Kelamin, dan Rasio Ketergantungan di Kota Malang, 2011 - 2020, (online), (https://malangkota.bps.go.id/dynamictable/2019/05/08/14/kepadatan-penduduk-pertumbuhan-penduduk-rasio-jenis-kelamin-dan-rasio-ketergantungan-di-kota-malang-2011-2020.html). Di akses pada tanggal 25 November 2019.

Brandan, Y. 2017. Studi Deskriptif Kuantitatif: Resiliensi pada Mahasiswa Perantau Tahun Pertama Skripsi. (online). (repository.usd.ac.id) . Diakses 03 oktober 2019.

Dyah, D. A. 2019. Pengaruh Pendapatan Orang Tua dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Program Magister pada Mahasiwa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogjakarta Tahun Angkatan 2014-2015. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 8(2), 158–165.

Eryanto, H., & Swaramarinda, D. R. 2013. Pengaruh Modal Budaya, Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 1(1), 39–61.

Harlik, H., Amir, A., & Hardiani, H. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemiskinan dan Pengangguran di Kota Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, 1(2), 109–120.

Maksum, Ali. 2013. Sosiologi Pendidikan.

(online). (https://digilib.uinsby.ac.id/20248/1/Sosiologi%20Pendidikan.pdf)

. Diakses pada tanggal 2 Oktober 2019.

Moeleong, L. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi Klasik

Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Sarjito, L. 2006. Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi Orang Tua dengan Pilihan Jenjang Pendidikan dalam Studi Lanjut Siswa. Skripsi

Setianingsih, S. A., & others. 2018. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto) (PhD Thesis). IAIN Purwokerto.

Setiawan, D., Saputra, H. D., & Nasir, M. 2019. Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Lingkungan Kampus Terhadap IPK Mahasiswa. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1), 67–74.

Sumakta, I. A. 2015. Pengaruh Prestasi Belajar, Pendapatan Orang Tua, Ekspektasi Kerja terhadap Minat Melanjutkan Studi ke S2 pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNY. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ustama, D D. 2009. Peranan Pendidikan dalam Pengentasan Kemiskinan. .Jurnal Ilmu Administrasi dan Kebijakan Publik. DIALOGUE

Widayati, I. 2012. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga, dan Pembelajaran di Perguruan Tinggi Terhadap Literasi Finansial Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.(Tesis). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v11i1.563

Article Metrics

Abstract view : 465 times
PDF - 184 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.