STUDI KOMPARASI PELAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PKn BERBASIS KTSP OLEH GURU PKn

Warkintin Warkintin

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan tentang pelaksanaan strategi pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis kurikulum tingkat satuan  pendidikan. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, bentuk penelitian studi causal comperative, jumlah populasi 124, jumlah sampel 89, teknik penelitian yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung dan teknik studi dokumenter. Alat penelitian yang digunakan panduan observasi, panduan wawancara, dokumentasi dan angket sedangkan teknik pengolahan data dipergunakan teknik t-test. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: Terdapat Perbedaan Yang Berarti Antara Pelaksanaan Strategi Pembelajaran PKn Berbasis KTSP Oleh Guru PKn Pada Siswa Kelas VIII Antara SMP N 1 Kayan Hilir Dengan SMP N 2 Kayan Hilir. Secara rinci dapat disimpulkan sebagai  berikut: 1) Pelaksanaan strategi pembelajaran PKn berbasis KTSP oleh oleh guru pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VIII di SMP N 1 Kayan Hilir tergolong “Baik”. 2) Pelaksanaan strategi pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis KTSP oleh oleh guru pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VIII di SMP N 2 Kayan Hilir tergolong “Baik”. 3) Terdapat perbedaan pelaksanaan strategi pembelajaran Pkn berbasis KTSP oleh oleh guru PKn pada siswa kelas VIII antara SMP N 1 Kayan Hilir dengan SMP N 2 Kayan Hilir sebesar 2,0.                                                    

Kata Kunci: Studi Komparasi, Strategi,  Pembelajaran, Pelaksanaan, Berbasis KTSP, Guru Pkn

Full Text:

PDF

References


Mulyasa, E.(2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Undang–Undang Pendidikan NO. 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional, Semarang: Aneka Ilmu

Sumber: http:// www. Depdiknas. Go. Id/index.php?option=com_conten&task=view&id=148&Itemid=2.

Subana M. dan Sudrajat (2000) Statistik Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia

Sugiyono (2006) Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v8i1.58

Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.