PENGARUH MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA SUB MATERI BUDAYA DEMOKRASI DI KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TANAH PINOH TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ayu Lestari, Agusta Kurniati, Dwi Cahyadi Wibowo

Abstract


Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (Quasi Exsperimental). Dengan rancangan penelitianNonequivalent Control Group Design. Populasi yang menjadi sumber data adalah seluruh siswa kelas XI IPSberjumlah 97 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 berjumlah 34 orang sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol. sampel dipilih secara nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi langsung, teknik pengukuran, teknik komunikasi tidak langsung dan teknik dokumentasi. Alat pengumpul data berupa lembar observasi, soal tes, angket dan dokumen. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Persentase total observasi aktivitas guru untuk kedua pertemuan yaitu 100% dan persentase total observasi aktivitas siswa pada kedua pertemuan yaitu 92,18%. (2) Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 53,02dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 82,35. (3) Nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 54,37 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 55,75. (4) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen dan kontrol pada pengukuran awal (pretest) yaitu –Ztabel Zhitung  +Ztabel = -1,96  -2,00  1,96, sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. (5) Terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar kognitif siswakelas eksperimen dan kontrol pada pengukuran akhir (posttest) yaitu –Ztabel   Zhitung  +Ztabel = -1,96  44,18  1,96, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.(6) Persentase total data angket sebesar 91,63% dengan kriteria penilaian sangat kuat, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media peta konsep mendapat respon yang sangat baik dari siswa-siswi kelas XI IPS 1 SMAN1 Tanah Pinoh.

Kata kunci : Media Peta Konsep, Hasil Belajar Kognitif.

Full Text:

PDF

References


Abror, A.R 1989, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta : Tiara.

Arsyad, Azhar.( 2011). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo

Iftahussyadiyah.(2015). pengaruh model pembelajaran advance organizer dengan peta konsep terhadap hasil belajar siswa, (Online), (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/28342/1/IFTAHUSSADIYAH-FITK.pdf. diakses 2 Desember 2015).

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Rahayu, A. A. (2011). Penggunaan Peta Konsep Untuk Mengatasi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Jaringan Tumbuhan, (Online),(https://sskripsii.googlecode.com/files/S-FKIP-IPA-2011.pdf. diakses 2 Desember 2015).

Trianto. (2010). Pengertian Peta Konsep, (Online), (http://tapakgaluh.blogspot.com/2013/09/, diakses 18 Agustus 2015).

Utami. B. (2008).Pengaruh Strategi Peta Konsep dan Diagram Vee Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga Yang Diukur Dengan Authentic Assessment, (Online) (http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/841. No. 2 diakses 2 Desember 2015).

UU No. 23. (2003). Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v7i1.63

Article Metrics

Abstract view : 15 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.