HUBUNGAN ANTARA RASA PERCAYA DIRI DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS KARYA SEKADAU TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Fransiska Regina, Dessy Triana Relita, Agusta Kurniati

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Antara Rasa Percaya Diri Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Karya Sekadau Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan bentuk penelitiannya studi korelasi. Berdasarkan hasil rata-rata rasa percaya diri diperoleh sebesar 79,05 dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa rasa percaya diri siswa tergolong baik. Sedangkan hasil tes hasil belajar siswa diperoleh sebesar 87,54 sehingga dapat disimpulkan bahwa kelas XI (yang dijadikan sampel) memiliki hasil belajar yang tergolong sangat baik. Hasil koefisien korelasinya diperoleh nilai 0,568 (kategori cukup kuat) sehingga koefisien determinasinya berjumlah 32,26%. Sedangkan hipotesis diuji dengan menguji uji-t, dengan memperoleh hasil t-hitung = 5,47, t-tabel 2,000, n=65 sehingga dk=63, α (taraf signifikansi) = 5%. Berdasarkan uji-t tersebut maka kesimpulan yang diperoleh adalah menerima Ha karena t-hitung > t-tabel (5,47 > 2,000). Artinya  terdapat hubungan yang signifikan antara rasa percaya diri dengan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci : Rasa Percaya Diri dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Algifari. (2013). Analisis Regresi. Yogyakarta: BPFE

Dimyati dan Mudjiono. (2009)). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Pidarta. M. (2007). Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Rahayu. A. Y (2013). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: PT Indeks

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suprijono. A. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v7i1.64

Article Metrics

Abstract view : 5 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.