PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 27 SINTANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Andri Andri, Kusandi Kusandi

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SDN 27 Sintang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi seluruh siswa kelas IV SDN 27 Sintang yaitu Kelas IVA dan IVB sejumlah 56 dengan sampel kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi langsung, pengkuran, komunikasi tidak langsung dan dokumenter, alat pengumpul data berupa lembar observasi, soal tes, lembar angket dan dokumentasi.  Setelah dilakukan penelitian penggunaan metode pembelajaran inkuiri terbimbing masuk kriteria baik dengan rata-rata 90,45%, hasil pretest siswa kelas eksprimen adalah 38,75 dan rata-rata posttest 79,46 sedangkan rata-rata pretest kelas kontrol 36,25 dan rata-rata posttest 70,53. Teknik pengolahan data menggunakan rumus uji t dua sampel. Berdasarkan  pengujian hipotesis nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung ˃ ttabel yaitu 2,9375 ˃ 2,011 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh metode pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil angket respon siswa diperoleh rata-rata nilai 85,57% dengan kategori sangat kuat.

 

Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Pemecahan Masalah, Matematika

Full Text:

PDF

References


Amri, S. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah (dalam teori). Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin, Z. 2013. Evaluasi Pembelajaran (prinsip teknik prosedur). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Badri, A. 2012. Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran. Blogspot. (http://pengalaman-al-badri.blogspot.co.id, diakses 9 April 2016).

Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Kemahiran Matematika. Yogyakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Gunantara, Suarjana dan Nanci Riastini. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika”. Jurnal mimbar PGSD. Volume 2 No. 1. (http://ejournal.undiksha.ac.id/, diakses 27 februari 2016).

Jalal, E. 2015. “Efektivitas Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ciri Khusus Pada Mahluk Hidup”. Skripsi. Sintang. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.

Jihad, A dan Haris, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran.Yogyakarta: Multi Presindo.

Kusniar dan Zikri. 2009. Pintar Bermatematika. Jakarta: Leuser Cita Pustaka.

Lestari, I. W. 2014. “Pengaruh Penerapan Model Sikus Belajar (Learning Cycle) Terhadap Kognitif Siswa Pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas X Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Sintang”. Skripsi. Sintang. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.

Melky, H. 2015. “Penerapan Model Role Playing Terhadap Hasil Kognitif Siswa Kelas VII SMPN 02 Tempunak Materi Ekosistem. Skripsi. Sintang. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.

Muhsetyo dkk. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Putra, Eddy Permana., Nyoman Garminah, dan Gusti Ngurah Japa. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar Matematika”. Journal mimbar PGSD. Volume 2 No. 1. (http://ejournal.undiksha.ac.id/, diakses 27 februari 2016).

Purwana, W. 2014.”Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Terpadu”. Skripsi. Sintang. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.

Riduwan. 2012. Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. 2013a. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, W 2013b. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shadiq, F. 2014. Pembelajaran Matematika (Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sofiani, E. 2011. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guide inquiry) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Listrik Dinamis”. Skripsi. Jakarka: Universitas Islam Negeri Syarif Hidatullah.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Supardi. 2012. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Ufuk Publishing House.

Wisnawati, A., Sedanayasa, dan Ndara Tanggu Renda. 2014. ”Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika”. e-Journal mimbar PGSD. Volume 2 No. 1. (http://ejournal.undiksha.ac.id/, diakses 27 februari 2016)




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v7i2.68

Article Metrics

Abstract view : 207 times
PDF - 144 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.