PENERAPAN MODEL TEAM GAME TOURNAMENT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI BILANGAN ROMAWI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 03 RANYAI HILIR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ericko Lestranda Putra Manalu, Hilarius Jago Duda, Andri Andri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan Quasi eksperimental design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Ranyai Hilir dengan jumlah siswa 36 orang. Sampel penelitian ini dipilih dengan teknik sampling jenuh. Siswa kelas IVa berjumlah 18 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IVb berjumlah 18 orang sebagai kelompok kontrol. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian pada pengukuran awal kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu thitung = 0,138   ttabel = 2,032, artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol di pengukuran awal. Pada pengukuran akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu thitung = 2,970 ttabel = 2,032, artinya analisis uji hipotesis pengukuran akhir pada kelas eksperimen dan kontrol dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

 

 Kata Kunci : Team Game Tournament, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Fitri, N. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri No.76/Ix Mendalo Darat”. Skripsi. Jambi: Universitas Jambi.

Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Isnaeni, N, F. 2013. “Penggunaan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Bilangan Romawi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Debong Tengah 1 Tegal”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Jihad, A., dan Haris, A. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparmi. 2015. “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Kelas VII-1 SMPN 25 Pekanbaru” Jurnal Primary, Volume 4. Nomor 2. ISSN: 2303-1514. Halaman 98-104.

Supiana, P. 2014. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Menggunakan Metode Team Game Tournament (TGT) Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VA Sekolah Dasar Negeri 5 Sintang Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v7i2.74

Article Metrics

Abstract view : 6 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.