KONTRIBUSI KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN KOMPETENSI KEJURUAN TERHADAP PENINGKATAN MINAT BEKERJA PADA SISWA SMK KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI KOTA SINTANG

Fatkhan Amirul Huda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi kondisi sosial ekonomi orang tua dan kompetensi kejuruan terhadap peningkatan minat bekerja siswa.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi keseluruhan berjumlah 114 siswa dengan sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 77 siswa diambil secara proporsional menggunakan teknik Proportionate Random Sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari instrumen angket dan nilai. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (analisis jalur) dengan menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi secara simultan kondisi sosial ekonomi orang tua dan kompetensi kejuruan terhadap minat kerja siswa, ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Hasil analisis juga menunjukkan terdapat kontribusi kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap minat kerja dengan nilai signifikan 0,001 dengan kontribusi langsung sebesar 0,0882, dan kontribusi tidak langsung sebesar 0,04829. Ini berarti bahwa peran orang tua  sangat penting untuk menumbuhkan minat kerja siswa. Hasil selanjutnya adalah ada kontribusi kompetensi kejuruan terhadap minat kerja siswa ditunjukkan dengan nilai signifikan 0,000 dengan kontribusi langsung sebesar 0,1239 dan kontribusi tidak langsung sebesar 0,0482. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa kompetensi kejuruan berkontribusi signifikan terhadap minat bekerja siswa. Jadi semakin baik nilai uji kompetensi siswa maka baik pula minatnya dalam program keahlian yang ditekuninya.

 

Kata Kunci: Sosial Ekonomi Orang Tua, Kompetensi Kejuruan, Minat, dan Kerja.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2013. Statistik Ketenagakerjaan Kabupaten Sintang Tahun 2013. BPS Sosial Kab.Sintang.

Fredi, P., S,. 2015. Pengaruh Penguasaan Kompetansi Keahlian dan Informasi Dunia Kerja Terhadap Minat Bekerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK N 2 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Abstrak. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/20329/) diakses tanggal 6 Juni 2015.

Gerungan, W. A. 2000. Psikologi Sosial. Bandung. Reflika Aditama.

Riduwan. 2005. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Saddang, S. 2014. Kontribusi Prestasi Belajar Bidang Produktif, Sikap Kerja, Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga, Minat Kerja, Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri di Kabupaten Bulukumba Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS UM.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kementrian Agama Republik Indonesia.

Wahyudi, 2015. Pengaruh Nilai Uji Kompetensi Kejuruan dan Informasi Dunia Kerja Terhadap Minat Bekerja Siswa di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Abstrak.(Online),(http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/3318) diakses tanggal 25 Mei 2015.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v7i2.75

Article Metrics

Abstract view : 37 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.