MENGEMBANGKAN PERAN MATEMATIKA SEBAGAI ALAT BERPIKIR ILMIAH MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS LESSON STUDY

Melinda Rismawati

Abstract


Matematika adalah bahasa yang melambangkan serangkaian makna dari pernyataan yang ingin kita sampaikan. Selain sebagai bahasa, matematika juga berfungsi sebagai alat berpikir ilmiah. Pada artikel ini akan dibahas mengenai pembelajaran yang mengembangkan peran matematika sebagi alat berfikir ilmiah pada materi grafik fungsi piecewice. Kesimpuan yang didapat adalah dengan mengembangkan peran matematika sebagai alat berfikir ilmiah, mahasiswa mampu untuk mengembangkan pemikiran matematis mereka sehingga mahasiswa mendapat pengetahuan yang bermakna dan mendalam.

 

    Kata kunci: Peran Matematika, alat berfikir ilmiah, Lesson Study

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2004. Kurikulum Mata Pelajaran Matematika SMP. Jakarta: Depdiknas.

Hendayana, S., dkk. 2006. Lesson Study. Suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik. Bandung: UPI Press.

Janzen, H. 2005. Using the Japanese Lesson Study in Mathematics. Online http://www.Glencoe.com/ diakses pada 1 Oktober 2015

.

Lewis, C.C. 2002. Lesson Study: A Handbook of Teacher-Led Instructional Change. Philadelphia, PA: Research for Better Schools, Inc

Russel, B. 1965. On The Philosophy of Science. New York : the Boobs-Merril

Saito, E. 2005. Changing Lessons, Changing Learning: Case Study of Piloting Activities under IMSTEP. Prosiding Seminar Nasional MIPA dan Pembelajarannya dan Exchange Experience of IMSTEP. Malang, 5-6 September.

Sparks, D. 1999. Using Lesson Study to Improve Teaching. Online http: //www. nsdc.org/ library/diakses pada 1 Oktober 2015.

Suherman, E., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jica-Universita Pendidikan Indonesia.

Suriasumantri, J.S. 2007. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pusataka Sinar Harapan

Tim Dosen Filsafat Ilmu Fakultas Filsafat UGM. 1992. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Liberti.

Tim PPPG Matematika. 2004. Pembelajaran Matematika yang Kontektual/Realistik. Yogyakarta: PPPPTK Matematika Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v7i2.77

Article Metrics

Abstract view : 110 times
PDF - 389 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.