UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS V SDN 4 SINTANG TERHADAP HUKUM BACAAN ALIF LAM SYAMSIAH DAN ALIF LAM QOMARIAH DALAM BACAAN SURAT AL QUR’AN DENGAN BENAR MELALUI METODE LATIHAN (DRILL)

Siti Masdiyah

Abstract


Bahasa Arab dan Huruf Hijaiyah merupakan unsur penting dalam pendidikan agama Islam. Penguasaan keduanya juga turut menentukan keberlangsungan pembelajaran Agama Islam baik di lingkungan pendidikan maupun di masyarakat. Oleh karena itu, penguasaan terhadap Bacaan tulisan Arab sangat penting untuk dikuasai siswa Muslim. Salah satu unsur bacaan yang seringkali problematis adalah bacaan alif lam baik yang bersifat Syamsiah maupun yang qomariah. Siswa sering kesulitan mengidentifikasi kedua jenis tersebut dan juga sering menemui kesulitan ketika melafazkan bacaannya. Oleh karena itu diperlukan metode yang tepat agar siswa semakin menguasai alif lam syamsiyah dan qomariah. Metode yang diajukan dalam penelitian ini adalah metode drill atau latihan. Drill adalah suatu cara mengajar dengan memberikan latihan-latihan terhadap apa yang telah dipelajari siswa sehingga memperoleh suatu keterampilan tertentu. Cara tersebut diprkatikkan dalam penelitian ini dan memberikan hasil yang signifikan. melalui dua kali siklus tindakan, penelitian tindakan kelas ini membuktikan bahwa teknik drill dapat membantu siswa lebih menguasai bacaan alif laam syamsiah dan qomariah.

 

Kata Kunci: Agama Islam, Bacaan, Alif lam, Syamsiah, Qomariah, Drill

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Berg, Euwe Vd. (1991). Miskonsepsi Agama Islam dan Remidi Salatiga. Universitas Islam Satya Wacana.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Joyce, Bruce dan Weil, Marsh. 1972. Models of Teaching Model. Boston: A Liyn dan Bacon.

Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press. Universitas Negeri Surabaya.

Soedjadi, dkk. 2000. Pedoman Penelitian dan Ujian Skripsi. Surabaya; Unesa Universitas Press.

Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.

Komaruddin Hidayat, (2004). Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Bandung: Nusamedia.

Moh Uzer Usman dan Lilis Setiawati (2002). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad Asrori, (2008). Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Mulyasa. (2009) Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ramayulis, (2005). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sardiman, 2004). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sa’dullah, (2008). Cara Praktis Mengahafal Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani.

Slameto, (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono, (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto dkk, (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi.

Sumadi Surya Brata (2005). Psikogi Pendidikan. Jakarta: CV.Rajawali.

Usman, Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Widoko. 2002. Metode Pembelajaran Konsep. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v7i2.79

Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF - 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.