EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENGOPTIMALKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Avelius Dominggus Sore

Abstract


Masalah penelitian ini adalah: “Bagaimana Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Mengoptimalkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa” 1) Apakah model pembelajaran berbasis masalah efektif dalam mengoptimalkan hasil belajar siswa? 2) Apakah model pembelajaran berbasis masalah efektif dalam mengoptimalkan berpikir kritis siswa 3.) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan tidak menggunakan model pembelajaran berbasis masalah? Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis sesudah digunakan atau tidak digunakan model pembelajaran. Metode penelitian ini quasy eksperimen, bentuk penelitian pos-test only control design. Teknik pengumpulan data teknik komunikasi tidak langsung dan studi dokumenter. Alat pengumpul data angket dan lembar catatan. Teknik pengolahan data uji t. Hasil penelitian menunjukkan hasil Belajar dan kemampuan berpikir kritis sesudah digunakan model dengan nilai rata-rata hasil belajar 66,27, dan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis 71,18. Sedangkan yang tidak menggunakan model pembelajaran berbasis masalah nilai rata-rata hasil belajarnya 57,49, dan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis 61,76.

             

            Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Alias Masek, Sulaiman Yamin.2011.The Effect of Problem Base Learning on Critical Thinking Ability: A Theoretical And Empirical Reviu. International Reviu of social Sciences and Humanities.Vol.2.No.1 (2011).

Hamruni. 2012. Strategi Peembelajaran. Insan Mandiri: Yogyakarta.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo:Yoyakarta.

Sihotang, Kasdin, dkk. 2012. Critical Thinking. Pustaka Sinar Harapan:Jakarta.

Soyomukti, Nurani. 2008. Pendidikan Berperspektif Globalisasi. AR-RUZZ MODEL.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. AlfaBeta: Bandung.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustak: Jakarta.

Tuanakota, Theodorus M.. 2011. Berpikir kritis dalam Auditing. Salemba Empat: Jakarta.

Arnyana, Ida Bagus Putu. 2007. Penerapan Model PBL pada Pelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2006/2007.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v6i1.80

Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.