Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Siswa Tingkat Sekolah Dasar

Miptah Parid, Julrissani Julrissani

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab beberapa hal serta mengkaji kembali dampak dari pandemi Covid-19 terhadap proses pembelajaran, dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang berupa penggambaran dari suatu keadaan tertentu dengan menggunakan metode interaktif. Metode interaktif digunakan untuk menelaah isi dari suatu dokumen, tulisan-tulisan dan hasil penelitian yang relevan dengan judul serta objek dalam kajian ini yaitu guru dan siswa. Temuan dalam pembahasan ini menunjukkan bahwa guru dan siswa sangat terdampak dalam proses pembelajaran secara daring. Diharapkan kepada pemerintah untuk mengkaji serta membuat evaluasi proses pembelajaran secara daring karena memiliki beberapa peran yang hilang dalam proses pembelajaran agar generasi sekolah dasar dapat menjadi generasi bermutu walaupun di tengah pandemi Covid-19.

Kata Kunci: Proses Pembelajaran, Pandemi Covid-19, Sekolah Dasar

 

ABSTRACT

This study aims to answer a number of things to review the impact of the Covid-19 pandemic on the learning process, in this study using a qualitative descriptive approach in the form of a description of a particular situation using interactive methods. The interactive method is used to examine the contents of a document, writings, and research results that are relevant to the titles and objects in this study, namely students and teachers. The findings in this discussion indicate that teachers are highly affected in the online learning process and also students take part in getting the effects of these impacts. It is expected that the government review and make an evaluation of the learning process online because it has several roles missing in the learning process so that the elementary school generation can be a quality generation even in the midst of a COVID-19 pandemic.

Keywords: Learning Process, Covid-19 Pandemic, Elementary School


Keywords


Proses Pembelajaran, Pandemi Covid-19, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Ambaryani. (2019). Mimpi Tentang Masa Depan Dalam Karya Anak-Anak Kubu. Jurnal Raheema, Vol. 5 No. 2, hlm. 155-162.

Bafadal. (2005). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Tafkir, Vol 11 ,No.1, hlm. 85-99.

Hasyim, M. H. M. (2014). Penerapan Fungsi Guru Dalam Proses Pembelajaran. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, vol 1, No. 2, hlm. 265-276.

Hugiono, & Poerwantana. (2000). Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta: Bumi Aksara.

Indonesia, K. K. R. (2013). Pedoman Umum Kesiapan Menghadapi Middle east Respiratory Syndrome-Corona Virus (Mers-CoV).

KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ). In Kementerian Pendidikan dan Budaya.

Kemenkes RI. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Germas.

Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi.

Mestika. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. Nusantara, Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, vol 1, No. 1, hlm. 64-74.

NTT, F. A. (2020). Panduan Menghadapi Penyakit Virus Corona 2019 Model RRC. Komisi Kesehatan Nasional RRC.

Organisasi Kesehatan Dunia - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, Vol. 3 No. 1, hlm. 333-352.

Pemerintah Terbitkan Protokol Isolasi Diri dan Komunikasi Penanganan COVID-19 » Info Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan RI. Diakses April 19, 2020, https://covid19.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/info-corona-virus/pemerintah-terbitkan-protokol-isolasi-diri-dan-komunikasi-penanganan-Covid-19/#.Xpvrsv0zbIU

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Budi Santoso, P., Mayesti Wijayanti, L., Chi Hyun, C., & Setyowati Putri, R. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal EduPsyCound Vol. 2, No 1, hlm 1-12.

Rekap Perkembangan Virus Corona Wuhan dari Waktu ke Waktu Halaman all - Kompas.com.

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Rustaman. (2001). Keterampilan Bertanya dalam Pembelajaran IPA. Jakarta: Depdiknas.

Shafa. (2014). Karakteristik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Dinamika Ilmu.Vol. 14, No. 1, hlm:81-96

Sudjana, N. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Algensindo

Sunhaji. (2014). Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, Vol.2, No.2 hlm. 30-46.

Suwito, A. (2016). Pendekatan Parade Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Materi Sistem Pemerintahan Melalui Pemanfaatan Media Voucher Pada Kelas Xii Ips 2 Sma Negeri 1 Lasem. Jurnal Civis, Vol.5 No. 2, hlm. 843–854.

Yuhelizar. (2008). 10 Jam Menguasai Internet Teknologi dan Aplikasinya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.835

Article Metrics

Abstract view : 4353 times
PDF - 961 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.