ANALISIS PROFIL PERSEPSI DAN MOTIVASI BELAJAR DARING SISWA SMK DI KOTA SINGARAJA

Ida Fitria, I Made Candiasa, I Made Sugiarta

Abstract


ABSTRAK

Sejak Maret 2020 diterapkan sistem belajar daring. Pengkajian persepsi siswa terhadap belajar daring diperlukan untuk mengetahui tanggapan siswa sehingga tercipta pembelajaran yang bermakna. Belajar daring dilakukan tanpa tatap muka juga perlu dikaji mengenai motivasi belajar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kedudukan persepsi dan motivasi siswa selama belajar daring sehingga hasilnya bisa dipergunakan untuk perencanaan pembelajaran kedepannya. Pengumpulan data menggunakan data sekunder dari peneliti utama berupa data pengukuran persepsi dan motivasi siswa belajar daring yang diperoleh dari hasil tiga kali pengukuran selama empat minggu dilakukan pembelajaran daring, yakni pengukuran awal setelah dua minggu, dan setelah empat minggu. Analisis data pada penelitian ini adalah analisis profil dengan tiga pengujian hipotesis yaitu uji hipotesis keparalelan, uji hipotesis kesamaan level dan uji hipotesis untuk pengaruh pvariabel utama. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan, kedua pengukuran persepsi dan motivasi paralel, berbeda level, dan ada pengaruh terhadap 3 variabel.

Kata Kunci : analisis profil, persepsi, motivasi

 

ABSTRACT

Since March 2020 an online learning system has been implemented. Students' perceptions of online learning need to be researched so that meaningful learning is created. Student learning motivation also needs to be studied because learning is not face to face. The research objective was to determine the position of students' perceptions and motivation during online learning so that the results could be used for planning future learning. The data collection used secondary data from the main researcher in the form of online learning students' perceptions and motivation measurement data obtained from the results of three measurements for four weeks. The data analysis in this study is a profile analysis. Based on the results of the data analysis, it can be concluded that the two measurements of perception and motivation are parallel, have different levels, and there is an influence on 3 variables.

Keywords : profile analysis, perception, motivation


Keywords


analisis profil; persepsi; motivasi

Full Text:

PDF

References


Agustia, M. H., Usman, M., & Widiarti, -. (2013). Analisis Profil Populasi Penduduk Pulau Jawa Berdasarkan Kelompok Umur. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1). https://jurnal.fmipa.unila.ac.id/semirata/article/view/904

Allen, I. E., & Seaman, J. (2008). Staying the Course—Online Education in the United States. 28.

Amilia, D. L. (2020). Menyambut Metode Belajar Normal yang Baru. detiknews. https://news.detik.com/kolom/d-4999745/menyambut-metode-belajar-normal-yang-baru

Astuti, P., & Febrian, F. (2019). Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Mahasiswa. Jurnal Gantang, 4(2), 111–119. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1560

Bhagat, K. K., Wu, L. Y., & Chang, C.-Y. (2016). Development and Validation of the Perception of Students Towards Online Learning (POSTOL). Journal of Educational Technology & Society, 19(1), 350–359. JSTOR.

Bodnar, A. (2016). Interpreting the HOW of Interactivity in Offline and Online Learning Environments: Perceptions of Interactivity in Offline and Online Learning Experiences to Study Motivations and Engagement in the Context of Today’s Participatory Media Landscape. http://lup.lub.lu.se/student-papers/record/8888037

Desjardins, C. D., & Bulut, O. (2020). Profile Analysis of Multivariate Data in R: An Introduction to the profileR Package. Journal of Statistical Software, 29.

Ding, C. S. (2000). Profile analysis: Multidimensional scaling approach. 7, 7.

Emda, A. (2018). KEDUDUKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN. Lantanida Journal, 5(2), 172–182. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Frisby, C. L., & Kim, S.-K. (2008). Using Profile Analysis via Multidimensional Scaling (PAMS) to identify core profiles from the WMS-III. Psychological Assessment, 20(1), 1–9. https://doi.org/10.1037/1040-3590.20.1.1

Kusumastuti, A. (2007). Analisis Profil dan Aplikasinya. 155.

Marganingsih, A. (2013). PERSEPSI MAHASISWA PRODI. PENDIDIKAN EKONOMI STKIP PERSADA KHATULISTIWA SINTANG TERHADAP PROFESIONALITAS GURU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG GURU DAN DOSEN NO 14 TAHUN 2005. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.31932/ve.v4i1.437

Mattjik, A. A., & Sumertajaya, I. M. (2011). Sidik Peubah Ganda. 423.

Ningsih, D. A., Imron, A., & Triwiyanto, T. (2018). HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG KUALITAS DAN PELAYANAN PENDIDIKAN DENGAN KEPUASAN ORANG TUA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI. JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 245–254. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p245

NU Online. (2020). Survei IPNU Jatim: Mayoritas Pelajar Ingin Metode Belajar Daring Kreatif. https://www.nu.or.id/post/read/119135/survei-ipnu-jatim--mayoritas-pelajar-ingin-metode-belajar-daring-kreatif

Nweke, C. J., Mbaeyi, G. C., Ojide, K. C., & Okonkwo, C. I. (2019). Fertility Level, Trend and Differentials in Nigeria: A Multivariate Analysis Approach. American Journal of Applied Mathematics and Statistics, 7(6), 231–236. https://doi.org/10.12691/ajams-7-6-5

Sagala, S. (2010). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: alfabeta.

Smith, N. V. (2013). Face-to-face vs. Blended Learning: Effects on Secondary Students ‘Perceptions and Performance. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 89, 79–83. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.08.813

Sobron A. N, B. (2019). PERSEPSI SISWA DALAM STUDI PENGARUH DARING LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38.

Wahida Annisa. (2016). Analisis Profil Pengaruh Bahan Organik terhadap Konsentrasi Besi Ferro dan Serapannya di Lahan Rawa Pasang Surut. Informatika Pertanian, 25(2), 241–248.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.843

Article Metrics

Abstract view : 168 times
PDF - 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.