ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI -RELASI DAN FUNGSI

Anita Sri Rejeki Hutagaol, S.Pd,M.Pd, Yopita Yopita, Veronika Andau

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan Kesulitan siswa dalam memahami konsep matematis pada materi Relasi dan fungsi di SMA negeri 2 Sintang. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa kelas X IPA 3  tahun akademik 2021/2022. Data yang di kumpulkan berupa hasil tes dalam menyelesaikan soal cerita dan lembar hasil wawancara. Soal tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami konsep matematis terdiri dari 5 soal  berbentuk esai dengan materi Relasi dan fungsi. Hasil tes kemudian dianalisis berdasarkan indikator pemahaman konsep matematis yaitu: 1) dapat menjelaskan ulang definisi dengan kata-kata sendiri agar mudah di mengerti, 2) mampu membedakan contoh dan yang bukan contoh, dan 3) dapat menggunakan konsep saat menyelesaikan masalah (Agustina, 2016 hal) . Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa Siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematis terbukti dari beberapa persentase ketercapaian tiap indikator yang tergolong rendah dan terbukti dari hasil wawancara siswa. Hasil dari penelitian ini bisa memberikan informasi kepada guru  secara khusus guru matematika tentang kemampuan siswa dalam memahami konsep matematis sehingga guru diharapkan dapat merancang kegiatan pembelajaran yang mampu mengatasi kesulitan siswa dalam memahami konsep matematis.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, U. (2012). Religion and language in the transformation of education in northern Nigeria during British colonial rule, 1900-1960. Intellectual Discourse, 20(2), 165–188.

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., Sugandi, A. I., Disposition, M., & Matematik, D. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas xi sma putra juang dalam materi peluang. 2(1), 144–153.

Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472–483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041

Dewi, K. S., Ika, L., & Dwiprabowo, R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika. 228–235.

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110

Pandiangan, J. F. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Bilangan Bulat di Kelas IV SD Swasta Katolik Delitua Tahun Ajaran 2019/2020. Convention Center Di Kota Tegal, 4(80), 4.

Sains, J. T., Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., Fayeldi, T., Matematika, P., & Malang, U. K. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan analisis newman. 1(2), 41–45.

Tarbiyah, J., Studi, P., Agama, P., Tinggi, S., & Islam, A. (2016). PERSPEKTIF REKONSTRUKSI SOSIAL TENTANG STANDAR ISI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM di SMA dalam KURIKULUM 2013 SKRIPSI Oleh : Binti Anita Masruroh. 1–70. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/93/82

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis An Analysis of Mathematics Problem-solving Ability and Self-Efficacy Students of Junior High School in Ciamis Regency. 4(2), 166–175.




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v4i1.1671

Article Metrics

Abstract view : 464 times
PDF - 149 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.