ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Crysanti Lala, Muchtadi Muchtadi, Sandie Sandie

Abstract


Abstrak. Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran sangat penting dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah matematis ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan implusif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu 2 siswa dari kelas VII G SMP Bruder Pontianak yang terdiri dari 1 subjek reflektif dan 1 subjek impulsif, dimana diambil berdasarkan pertimbangan dan saran dari guru mata pelajaran. Subjek dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes instrumen Matching Familiar Figure Test (MFFT), soal tes essay kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah matematis, dan angket serta non tes berupa wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil tes dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis yaitu: interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Hasil ini menunjukkan bahwa siswa yang bergaya kognitif reflektif mampu memenuhi semua indikator berpikir kritis interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi dalam menyelesaikan soal tes berpikir kritis cenderung tuntas, mengambil lama dan jawabannya kebanyakan benar sehingga berpikir kritis tinggi. Siswa yang bergaya kognitif implusif hanya mampu memenuhi sebagian dari semua indikator berpikir kritis interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi, yaitu interpretasi, evaluasi dan inferensi dari indikator yang terpenuhi akan tetapi jawabannya dalam menyelesaikan soal tes berpikir kritis cenderung kurang tepat, mengambil cepat dan jawabannya kebanyakan salah sehingga berpikir kritis rendah.

Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis; Memecahkan Masalah; Gaya Kognitif


Full Text:

PDF

References


Agustina, dkk. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Field Dependent dan Field Independent Materi Segitiga dan Segiempat. Vol.8, No. 12. https://doi.org/http.//dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i12.37520

Arikunto, S.,. (2020). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. 2020.

Cahyono, B. (2017). Analisis Ketrampilan Berfikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. 2017, Vol 8, No 1 (2017). https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1510

Etikan, I., Musa, S. A., & Alkassim, R. S. (2016). Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling. Vol 5. No. 1, 1–4.

Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Hery, Y.,. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif dan Kognitif Implusif. Juli 2018, Vol. 9, No.1,.

Indah, Nurul., et al,. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Pola Bilangan Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif. No. 2 (Juni 2021), 110.

Jatmiko, D. D. H. (2018). Perbandingan Pembelajaran Strategi Konflik Kognitif Bersetting Pemecahan Masalah dengan Pembelajaran Ekspositori terhadap Hasil Belajar. Vol 1, No 1 (2018). http://dx.doi.org/10.31002/ijome.v1i1.912

Karomah, Siti. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. 2020.

Nuriali, W., Busnawir, Samparadja, H., & Ili, L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap The Influence of Guided Inquiry Learning Model Toward Critical Thinking Ability About Mathematics Reviewed From Students’ Self Regulated Learning in SMK. Agustus 2018, 38(https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/11353), 53–64.

Palupi, D. D., dkk. (2017). Proses Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Terbuka Berbasis Polya Sub Pokok Bahasan Persegi Panjang dan Persegi Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 10 Jember Doni. 2017-12-22, Vol. 8 No. 3 (2017)(Vol 8 No 3 (2017): Desember 2017), 162-172. https://doi.org/10.19184/kdma.v8i3.6973

Purwati, R., dkk. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaran Model Creative Problem Solving. 2016-04-18, 7(https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/issue/view/504), 1–10. https://doi.org/10.19184/kdma.v7i1.5471

Putri, A. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas VIII Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jun 24, 2018, Vol 2, No 2 (2018)(https://jptam.org/index.php/jptam/issue/view/4).

Qomariah, N & Setianingsih, R. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. 2021-01-19, Vol. 4 No. 1(Vol. 4 No. 1 (2020)), 21–33. https://doi.org/10.26740/jppms.v4n1.p22-32

Rahardjoni, A. S., dkk. (2020). Developing critical thinking competence in algebraic thinking using augmented reality for junior high school. Feb 28, 2020, Vol 3 (2020): PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika(https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/issue/view/1734).

Septikasari, R., & Frasandy, R. N.,. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. 2018, Vol. 8, No 2 (2018). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597

Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Menghadapi Tantangan MEA. Febuari-1-2017, https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/issue/view/1252.

Sutiono, Susanto, Hari.,. (2018). Berpikir Konseptual Siswa Kelas IX Dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Berdasarkan gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. 140.

Tilaar, H, A. (2012). Pengembangan Kreativitas dan Entrepreneurship dalam Pendidikan Nasional.

Wandira, Ayu., Sari, dkk. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V pada Pembelajaran Matematika di SD Negeri 216 Palembang. Vol. 4 NO. 1 Tahun 2022, 180–189.

Warli. (2010). Profil Kreativitas Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Siswa yang Bergaya Kognitif Impulsif dan Reflektif dalam Memecahkan Masalah Geometri. 2010.

Warli.,. (2013). Kreativitas Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Reflektif atau Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri. 2013, Vol. 20, No 2 (2013).

Yohanie, D. D., & Samijo, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Modul Analisis Vektor Berdasarkan Tahapan 4M. Seminar Pendidikan dan Pembelajaran FKIP-Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2019-11-14, http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/issue/view/1(http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/issue/view/1), 1–6.




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v5i1.2352

Article Metrics

Abstract view : 251 times
PDF - 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.