Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Minat Belajar Siswa SMP

Nurapni Sopia, Beni Setiawan, Melinda Rismawati, Andri Andri, Jesika Nasari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan minat belajar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan minat belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Bentuk penelitian ini kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPN 3 Dedai yang berjumlah 6 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket, soal tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh : 1) kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan minat belajar pada materi bangun ruang sisi datar luas permukaan kubus dan balok siswa hanya mampu memenuhi beberapa langkah-langkah kemampuan pemecahan masalah matematis seperti memahami masalah dan membuat rencana namun, belum mampu melaksanakan rencana dan memeriksa kembali hasil dan proses; dan 2)kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan minat belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis rendah dengan minat belajar tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII A SMPN 3 Dedai memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis rendah dengan minat belajar tinggi.


Full Text:

PDF

References


Aisyah, P. N., Yuliani, A., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi segiempat dan segitiga. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 1025-1036.

Arumanita, D. M., Susanto, H., & Rahardi, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Negeri 1 Papar pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(2), 104-124.

Fariha, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika [internet], 6(1).

Fitria, N. F. N., Hidayani, N., Hendriana, H., & Amelia, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP dengan Materi Segitiga dan Segiempat: Problem Solving Skills. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(01), 49-57.

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 6.

Handayani, Kartika. Z. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika. Jurnal Semnastika Unimed ISBN: 978-602-17980-9, 6.

Hidayat, P. W., & Widjajanti, D. B. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Minat Belajar Siswa Dalam Mengerjakan Soal Open Ended Dengan Pendekatan CTL. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 63–75. https://doi.org/10.21831/pg.v13i1.21167.

Mauldya. M.A., (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malang. Cv Irdh.

Permana, N. N. S. I., & Nurjaman, A. (2021). ANALISIS PENYELESAIAN SOAL BANGUN RUANG SISI DATAR DINILAI DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 931-940.

Rojabiyah, A. B., & Setiawan, W. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Mts Kelas Vii Dalam Pembelajaran Matematik Materi Aljabar Berdasarkan Gender. Journal on Education, 1(2), 458–463.

Sapitri, Y., Utami, C., & Mariyam, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Minat Belajar. Variabel, 2(1), 16. https://doi.org/10.26737/var.v2i1.1028.

Sucipto, M. F., & Firmansyah, D. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa SMP Pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 8(2), 376–380. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/7311.

Suji, S., Nirawati, R., & Mariyam, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(2), 63. https://doi.org/10.26737/jpmi.v2i2.225.

Wilujeng, H., & Novitasari. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 137–147.




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v5i1.2406

Article Metrics

Abstract view : 167 times
PDF - 104 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.