Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Belajar

dwi putri darmayani, Yadi Ardiawan, Yudi Darma

Abstract


Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Embaloh Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu dengan subjek yang digunakan adalah siswa kelas IX berjumlah 44 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa yang ditinjau dari gaya belajar. Dari penelitian didapat bahwa siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi berjumlah 23 siswa, kemampuan sedang 7 siswa, dan kemampuan rendah 14 siswa. untuk gaya belajar, siswa dengan gaya belajar visual 18 siswa, auditorial 12 siswa, dan kinestetik 14 siswa. Berdasarkan hal tersebut kemudian diambil 3 siswa gaya belajar dengan tingkat kemampuan pemecahan belajar tinggi, sedang, rendah. Siswa dengan gaya belajar visual adalah B12, B6, dan B23. Siswa dengan gaya belajar auditorial adalah A22, B3, dan B5. Sedangkan siswa dengan gaya belajar kinestetik adalah A7, A19, dan B18.

Full Text:

PDF

References


Darma, Y., & Sujadi, I. (2014). Strategi heuristik dengan pendekatan metakognitif dan investigasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kreativitas siswa madrasah aliyah. Jurnal Pendidikan MIPA (Old), 15(2).

Darma, Y., Firdaus, M., & Haryadi, R. (2016). Hubungan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa calon guru matematika. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(1), 169-178.

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110-117.

Falah, B. N., & Fatimah, S. (2019). Pengaruh gaya belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Euclid, 6(1), 25-34.

Safarati, N., & Zuhra, F. (2023). Literature Review: Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Menengah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1).

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y.,

Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529-535.




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v5i2.2885

Article Metrics

Abstract view : 64 times
PDF - 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.