Kemampuan Spasial Siswa dan Miskonsepsi Bis-VOLKS dalam Penyelesaian Soal Dimensi Tiga
Abstract
Materi dimensi tiga dalam pembelajaran matematika merupakan satu diantara materi yang memuat konsep cukup komplit. Mempelajari materi dimensi tiga tidak hanya memerlukan apa yang dilihat, tapi perlu merelevansikan dengan apa yang dipikirkan atau dibayangkan. Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan tentang miskonsepsi siswa dengan sudut pandang visual, operasional, literasional, korelasional dan spasial. Metode penelitian yang digunakan yaitu campuran. Instrumen berupa tes soal geometri dimensi tiga yang sudah dilakukan tahapan validasi. Berdasarkan data yang diperoleh dari 37 respondens, dapat dilihat bahwa total skor tertinggi adalah 18 yang memiliki kategori sangat baik, sedangkan skor terendah adalah 4 yang memiliki kategori sangat kurang. Hal ini menunjukkan sebagian besar kemampuan spasial matematis siswa kelas XII berada pada kategori sedang yakni 64,35%. Terjadinya miskonsepsi disebabkan: (1) keterbatasan representasi dalam diri siswa; (2) kurangnya pengalaman langsung; dan (3) pemahaman konsep yang lemah. Melalui temuan miskonsepsi yang lebih dini, disertai dengan akar penyebabnya, berefek pada tindak lanjut pembelajaran geometri berikutnya sesuai sasaran. Pembenahan konsep geometri dan cara pembelajaran. Lemahnya kemampuan spasial yang dominan dapat diatasi selain teknologi, juga dengan mengobservasi objek matematis yang realistis dan kontekstual.
Kata Kunci: Kemampuan Spasial Matematis, Miskonsepsi Bis-VOLKS, Dimensi Tiga
Full Text:
PDFReferences
Behera, B. (2019). Misconceptions in ‘shape of molecule’: Evidence from 9th grade science students. Educational Research and Reviews, 14(12), 410–418. https://doi.org/10.5897/ERR2019.3755
Bistari. (2023). Miskonsepsi dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Diseminarkan Pada Kegiatan MGMP Matematika Mempawah, FKIP Universitas Tanjungpura.
Bolstad, O. H. (2021). Lower secondary students ’ encounters with mathematical literacy. Mathematics Education Research Journal, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s13394-021-00386-7
Cavanagh, T., Chen, B., Lahcen, R. A. M., & Paradiso, J. R. (2020). Constructing a Design Framework and Pedagogical Approach for Adaptive Learning in Higher Education: A Practitioner’s Perspective. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 21(1), 173–197. https://doi.org/10.19173/irrodl.v21i1.4557
Chew, S. L., & Cerbin, W. J. (2021). The cognitive challenges of effective teaching. The Journal of Economic Education, 52(1), 17–40. https://doi.org/10.1080/00220485.2020.1845266
Clements, D. H., & Battista, M. T. (1992). Geometry and Spatial Reasoning. Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning. Macmillan Library Refence.
Cox, A. J., & Junkin, W. F. (2002). Enhanced student learning in the introductory physics laboratory. Journal Physics Education, 37(1), 37–44. https://doi.org/10.1088/0031-9120/37/1/305
Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., & Purwasih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 71–78. https://doi.org/https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4912
Faizah, Utama Dewi, D. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar (Pertama; K. Wiedarti, Pangesti & Laksono, ed.). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Fauzi, K. M. A., Dirgeyase, I. W., & Priyatno, A. (2019). Building Learning Path of Mathematical Creative Thinking of Junior Students on Geometry Topics by Implementing Metacognitive Approach. International Education Studies, 12(2), 57. https://doi.org/https:// doi.org/10.5539/ies.v12n2p57
Graff, H. J. (2015). Undisciplining Knowledge Interdisciplinarity in the Twentieth Century. Johns Hopkins University Press.
Gravemeijer, K., Stephan, M., Julie, C., Lin, F. L., & Ohtani, M. (2017). What Mathematics Education May Prepare Students for the Society of the Future? International Journal of Science and Mathematics Education, 15, 105–123. https://doi.org/https://doi. org/10.1007/s10763-017-9814-6
Guven, B., & Kosa, T. (2008). The Effect of Dynamic Geometry Software on Student Mathematics Teachers’ Spatial Visualization Skills. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 7, 4–11.
Hariyanti, S., Arjudin, A., & Baidowi, B. (2021). Efektivitas media pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMAN 10 Mataram [The impact of learning media on mathematical learning achievement of SMAN 10 Mataram class XI Students]. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 3(1), 19–29. https://doi.org/https://doi.org/gkcsp8
Hegarty, M., & Kozhevnikov, M. (1999). Types of Visual-Spatial Representations and Mathematical Problem Solving. Journal of Educational Psychology, 91(4), 684.
Ili?, M., Kosi?-Jeremi?, S., & Stavri?, M. (2020). Descriptive geometry and spatial ability-correlation and mutual impact at engineering students. Tehnicki Vjesnik, 27(6), 2001–2007. https://doi.org/https://doi.org/10.17559/TV20190425181038
Khine, M. S. (2017). Spatial cognition: Key to STEM success. In Visual-spatial Ability in STEM Education. https://doi.org/10.1007/978-3-319-44385-0_1
Lestari, A. B., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di Kampung Cibogo pada Materi SPLDV. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 92–102. https://doi.org/10.26618/sigma.v13i2.5812
Maisarah, M., Mesra, R., & Agustina, P. (2023). Media Pembelajaran. PT Sada Kurnia Pustaka.
Menis, J., & Fraser, B. J. (1992). Chemistry Achievement among grade 12 Students in Australia and the United States. Research in Science and Technological Education, 10(2), 131 – 147. Research in Science & Technological Education, 10(2), 131–141. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/0263514920100202
NCTM. (2007). From 1990: What should not be in the algebra and geometry curricula of average college-bound students? Journal of Mathematics Teacher, 100, 72–74.
Ojose, B. (2011). Mathematics Literacy: Are we able to put the mathematics we learn into everyday use. Journal of Mathematics Education, 4(1), 89–100. https://doi.org/https://bit.ly/3awJtSz
Priatna, N. (2017). Students’ spatial ability through an open-ended approach aided by Cabri 3D. Journal of Physics: Conference Series, 895, 1–4. https://doi.org/https://doi.org/gh5zzx
Ridha, M. (2022). KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL DIMENSI TIGA BERDASARKAN TEORI NOLTING DITINJAU DARI SELF-EFFICACY. Universitas Pendidikan Indonesia.
Saputra, O., Setiawan, A., & Rusdiana, D. (2019). Identification of student misconception about static fluid. Journal of Physics Conference Series, 1157(3), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032069
Sari, H. J., Kusaeri, A., & Mauliddin, M. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(2), 56–66. https://doi.org/https://doi.org/10.26737/jpmi.v5i2.1813
Senita, A., & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Dimensi Tiga Kelas XI MIPA SMAN 1 Gunung Toar Berdasarkan Teori Newman. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Journal for Research in Mathematics Learning, 4(3). https://doi.org/10.24014/JURING.V4I3.13529
Stacey, K., & Turner, R. (2015). Assessing mathematical literacy: The PISA experience. https://doi.org/https://doi.org/h75c
Sumadiasa, I. G. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Dolo dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan dan Volume Limas. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 01(2), 184–207.
Suparno, P. (2013a). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Suparno, P. (2013b). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Grasindo.
Toledo. (2010). Geometry and Spatial Sense Standard. In Diocese of Toledo Mathematics Course of Study. [Online].
Yunus, J., Zaura, B., & Yuhasriati, Y. (2019). Analysis Of Students Error According To Newman In Solving Mathematics Problems Of Algebra In The Form Of Story In Second Grade Of SMPN 1 Banda Aceh. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin., 2(2), 308. https://doi.org/10.52626/jg.v2i2.63
Zulfa, I. (2013). Analisis Miskonsepsi Peserta didik Dengan Certainty Of Response Index Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII Mts Hasyim Asyari. UIN Sunan Ampel Surabaya.
DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i2.3565
Article Metrics
Abstract view : 42 timesPDF - 22 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.