Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Untuk Memfasilitasi Kemampuan HOTS
Abstract
Dalam pembelajaran matematika dibutuh pembelajaran yang menarik yang mampu memenuhi kebutuhan karakteristik siswa terutama dalam menyelesaikan masalah dalam materi sudut dan garis dengan memvisualisasikan permasalahan tersebut kedalam bentuk garis dan gambar atau grafik. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan perangkat lunak GeoGebra untuk memfasilitasi kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills atau HOTS) pada materi garis dan sudut. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 2 Rangkasbitung dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan efektif dalam memfasilitasi kemampuan HOTS siswa, dilihat dari hasil validasi mendapatkan rata-rata sebesar 89,4% dari ahli media, dengan rata-rata 83,45% dari ahli pendidikan, dan dengan rata-rata 84,51% dari ahli matematika, sedangkan berdasarkan angket respon siswa didapatkan rata-rara 70,8%.
Kata Kunci: Problem Based Learning; GeoGebra; HOTS
Full Text:
PDFReferences
Berbasis Masalah Pada Materi Barisan dan Deret Kelas XI SMA. Tirtamath: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 3(1), 47–61. http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v3i1.11135
Khairunnisa, Jamilah, & Risalah, D. (2024). Pengembangan Modul Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah . J-Pimat, 6(1), 1053–1064. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i1.3200
Legista, A., Nabila, A., Astuti, A., & Ulumiah, L. N. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Dwiguna Depok Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 1(6), 244–249. https://doi.org/10.61132/arjuna.v1i6.330
Lihu, I., Ma’rufi, & Ilyas, M. (2019). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Geogebra Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Siswa Kelas VIII SMPN 6 Palopo. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 39–52. https://e-journal.my.id/proximal/article/view/222
Mahendra, I. W. E., & Sugiharni, G. A. D. (2022). Problem-Based Learning: Learning Approach Solutions in Crisis Period. Journal of Educational Research and Evaluation, 6(3), 415–422. https://doi.org/10.23887/jere.v6i3.34575
Masduriah, H. (2020). Pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL terhadap keterampilan HOTS siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 277–285.
Meutia, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Bilangan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 3(1), 22–27. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i1.1435
Mutmainah, S., Hermawati, E., & Maulana, F. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(2), 34–44.
Nurfadilah, U., & Suhendar, U. (2018). Pengaruh Penggunaan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalag Siswa Pada Topik Garis dan Sudut. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 99–107. https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i2.1294
Pujiastuti, H. (2016). Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Garis dan Sudut untuk Siswa SMP. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 195–202.
Pujiastuti, H., & Haryadi, R. (2023). Higher-Order Thinking Skills Profile of Islamic Boarding School Students on Geometry through the STEM-based Video Approach. International Journal of STEM Education for Sustainability, 3(1), 156–174. 10.52889/ijses.v3i1.135
Pujiastuti, H., Haryadi, R., & Ridwan, F. (2020). Development of Mathematics Teaching Materials Based on Scientific Approach For Mathematics Learning. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 591–600. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2902
Pujiastuti, H., Suvati, D., Haryadi, R., & Marethi I. (2020). Development of mathmodule based on local wisdom and 21st century skills: linear equation system. National Conference on Mathematics Education (NaCoME).
Ramadhany, A., & Prihatin, E. (2020). Pengembangan Modul Aritmatika Sosial Berbasis Problem Based Learning Bagi Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 212–226. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.155
Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/384
Simbolon, R., Hakim, L. El, & Hidajat, F. A. (2024). Pengembangan Modul Berbasis PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. J-Pimat, 6(1), 1193–1200. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i1.3461
Sirate, S. F. S., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316–335. 10.24252/ip.v6i2.5763
Siregar, R. M. R., & Dewi, I. (2022). Peran Matematika Dalam Kehidupan Sosial Masyarakat. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisma, 4(3), 77–89. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.1888
Suwarsi, Mukti, Z., & Prabowo, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan HOTS Siswa melalui Permainan Kartu Soal dalam Pembelajaran PBL. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 248–255.
Tanzimah. (2019). Pemanfaatan Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Telaumbanua, Y. N. (2020). Analisis Pembelajaran Dengan Menggunakan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. J-Pimat, 2(1), 131–138. 10.31932/j-pimat.v2i1.683
Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Edukatif, 5(1), 18–27. https://doi.org/10.37567/jie.v5i1.53
Utomo, S. T. (2019). Pendidikan Berkualitas Di Sekolah Akses Menuju Sumber Daya Manusia Yang Berintegritas Di Era Revolusi Industri 4.0.
Yelvalinda, Pujiastuti, H., & Fatah, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Pemahaman Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Edumatika, 9(1), 23–32. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.6108
DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i2.3590
Article Metrics
Abstract view : 37 timesPDF - 28 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.