Eksplorasi Etnomatematika Tradisi Grebeg Maulid di Desa Kayen Landoh Pati
Abstract
Tradisi grebeg maulid menjadi salah satu budaya yang bisa dipakai sebagai sumber dan bahan ajar untuk menunjang kegiatan pembelajaran matematika. Tradisi tersebut bertujuan untuk memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji etnomatematika yang ada terkait tradisi grebeg maulid dan bagaimana hubungannya dengan materi geometri dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan etnografi. Wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan karena pada penelitian sebelumnya belum ada yang mengkaji tradisi grebeg maulid di desa tersebut. Selain itu, proses acaranya juga berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etnomatematika pada tradisi grebeg maulid di Desa Kayen Landoh Pati dapat dilihat pada ancak yang berjumlah sembilan, yang memuat aktivitas mengitung dan mengukur, serta konsep matematika bilangan dan geometri. Filosofi dari ancak tersebut yaitu untuk menghormati para wali yang menduduki tanah jawa yang berjumlah sembilan. Pada bagian atap ancak terdapat konsep limas segitiga, bagian tengah dan bawah ancak terdapat konsep prisma trapesium, serta bagian alas ancak terdapat konsep persegi panjang. Penelitian ini bermanfaat dalam menyediakan bahan ajar untuk memudahkan siswa dalam mengerti konsep-konsep matematika.
Kata Kunci: Etnomatematika, Pembelajaran Matematika, Grebeg Maulid
Full Text:
PDFReferences
Damayanti, S., & Auliya, N. N. F. A. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Tradisi Meron di Desa Sukolilo dalam Pembelajaran Matematika. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 11–21.
Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13(01), 121–129.
Holisin, I. (2007). PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR). Didaktis, 5(3), 45–49.
KBBI. (n.d.). https://kbbi.web.id/ancak
Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek.
Mawaddah, S. (2017). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA. Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia, 501–511.
Rahmawati, D. T., Triyanto, & Purwanto. (2019). MERON SEBAGAI KARYA SENI RUPA : KAJIAN NILAI ESTETIK DAN FUNGSINYA DALAM TRADISI PERAYAAN MAULID NABI. Eduarts : Journal of Arts Education, 8(3), 19–26.
Ramadhani, S. A. Z., & Abdoeh, N. M. (2020). Tradisi Punggahan Menjelang Ramadhan (Studi di Desa Bedono Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang). Al-Mada; Jurnal Agama, Sosial dan Budaya, 3(1), 51–65.
Ramdiani, S. (2014). Pelestarian Nilai-Nilai Kearifan Lokal Upacara Adat “Ngalaksa” Dalam Upaya Membangun Karakter Bangsa.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95.
Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika : studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232.
Sukmana, W. J. (2021). Metode penelitian sejarah. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(2), 1–4.
Uskono, I. V., Lakapu, M., Jagom, Y. O., Dosinaeng, W. B. N., & Bria, K. (2020). PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. JHM Journal of Honai Math, 3(2), 145–156.
Wahda, A. Z., Haqiqi, A. K., & Malasari, P. N. (2021). Etnomatematika Tradisi Meron di Desa Sukolilo dan Kaitannya dengan Pembelajaran Trigonometri. Arithmetic: Academic Journal of Math, 03(01), 13–26.
Zaenuri, Dwidayati, N., & Suyitno, A. (2018). PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA (Studi Kasus Pembelajaran Matematika di China). UNNES Press.
Zulaekhoh, D., & Hakim, A. R. (2021). Analisis Kajian Etnomatematika pada Pembelajaran Matematika Merujuk Budaya Jawa. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2(2), 216–226. https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/289
DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i2.3620
Article Metrics
Abstract view : 87 timesPDF - 24 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.