ANALISIS VALIDASI PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATEMATIKA PADA TOPIK PLSV DAN PTLSV
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kecakapan representasi matematis dan terbatasnya modul ajar yang sesuai dengan konteks dan pengalaman peserta didik sehingga peserta didik kesulitan dalam belajar matematika. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan modul ajar dan soal kecakapan representasi matematis pada topik persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang valid. Penelitian ini adalah suatu proses kegiatan untuk menghasilkan modul ajar yang dikembangkan pada topik persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dengan model pengembangan 4-D yang dimodifikasi tanpa menyertakan tahap ujicoba, evaluasi dan revisi sampai selesai dilakukan. Penulisan ini hanya difokuskan pada proses uji validasi. Produk yang divalidasi yaitu modul ajar dan soal tes kecakapan representasi matematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket dan wawancara. Hasil penelitian dari penilaian validator modul ajar dan soal tes kecakapan representasi matematis yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase rata-rata sebesar 96.50% dan 98.33% . Hasil akhri dari penelitian ini adalah diperoleh bahwa modul ajar dan soal kecakapan representasi matematis yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid. Hasil penelitian ini dapat digunakan dalam melakukan pengembangan modul ajar pada topik lainnya dan soal yang dikembangkan dapat digunakan sebagai referensi dan di ujicoba pada penelitian lainnya.
Kata Kunci: Modul Ajar, Model 4-D, Topik PLSV dan PtLSV
Full Text:
PDFReferences
Delina, Afrilianto, M., & Rohaeti, E. E. 2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Confidence Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education. Jurnal Pembelajaran Matematika Inofatif, 1(3), 281 – 288.
Fitriani A. 2018. Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pedagogy. 3 (1), 138-155.
Fuada, S. 2019. Pengujian Validitas Alat Peraga Pembangkit Sinyal (Oscillator) untuk Pembelajaran Workshop Instrumentasi Industri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan : Inovasi Pembelajaran untuk Pendidikan Berkemajuan,7.
Ilyas Ramdani. 2014. Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Memfasilitasi Pencapaian Literasi Matematika Siswa Kelas VII. Universitas Negeri Yogyakarta.
Jenita, G., Sudaryati, S., dan Ambarwati, L. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah 1(1), 11-18.
Lavenia Ulandari. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficiacy Siswa di SMP Negeri 17 Medan. UNIMED.
Linda Ardani Afriliziana, Yenita Roza, Maimunah. 2022. Rancangan Modul Ajar Fase D Konten Analisa Data dan Peluang dalam Implementasi Kurikulum Paradigma Baru. AKSIOMA. 11(4), 3348-3359.
Magdalena Siahaan, Adi Suarman, S., Samuel Juliardi, S., dan Dapot Tua, M. 2023. Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Siswa Kelas VIII Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel SMP Negeri 15 Medan. Journal Of Social Science Research 3(1), 433-450.
Nuurun Fajriah, Citra Utami dan Mariyam. 2020. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Statistika. Journal Of Educational Review And Research. 3 (1), 14-24.
Ramanisa, H., Khairudin dan Netti, S. 2020. Analisis Kemampuan Representasi Matematis. Jumadika 2(1), 34-38.
Ririn Dwi Sundari, Lilis Marina Angraini, Sari Herlina dan Zetriuslita. 2023. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Matriks untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Bukit Batu. J-RSME 2(1), 25-35.
Sally Juliani, Atma Murni, Maimunah. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Discovey Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik. AKSIOMA. 11(4), 3119-3129.
Sani. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bumi Aksara, Jakarta.
Suparman. 1997. Desain Instruksional. Dirjen Dikti Depdiknas, Jakarta.
Thiagarajan, S. S. D. ., & Semmel, M. 1974. Instructional Development For Training Teacher Of Exceptional Children. Indiana University.
Trianto. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Kencana, Jakarta.
Yogi Agraena, Nisa Felicia, Dion Eprijum G., Indah Pratiwi, Bakti Utama, dan Dewi Widiaswati. 2021. Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran BSKAP-Kemendikbudristek.
DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i2.3625
Article Metrics
Abstract view : 42 timesPDF - 39 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.