Pengembangan Modul Matematika Berbasis RME Bermuatan Soal HOTS untuk Siswa SMP

Adelia Sektiwulan, Anindya Kirana Putri Ningrum, Wahyu Rohman, Heni Pujiastuti

Abstract


Siswa menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit sehingga membuat mereka kurang memahami konsep dalam pelajaran matematika. Kemampuan siswa untuk memahami konsep abstrak matematika juga sangat tergantung pada model, rencana pelajaran, atau alat belajar yang digunakan. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika dengan Realistic Mathematics Education (RME) dengan bermuatan soal High Order Thinking Skill (HOTS). Materi pada modul ini yaitu sistem persamaaan linear dua variabel. Penelitian pengembangan ini menggunakan empat fase dari model Plomp, yaitu: 1) pengumpulan informasi awal; 2) desain; 3) konstruksi; dan 4) tes, evaluasi, dan revisi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IX. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar validasi ahli, yang terdiri atas ahli pendidikan, materi dan media, serta angket kepraktisan untuk guru dan respon siswa. Para ahli menilai modul dengan memberikan skor 1-5 terhadap modul. Berdasarkan hasil uji ahli didapat rata-rata skor sebagai berikut: 4,5 untuk ahli media, yang mencakup kriteria yang sangat valid; 4.65 untuk ahli materi, yang mencakup kriteria yang sangat valid; dan 4.56 untuk ahli pendidikan, yang mencakup kriteria sangat valid. Hasil angket praktikalitas guru dan respon siswa masing-masing sebesar 94.54% dan 91.56% dengan kriteria keduanya adalah sangat baik. Berdasarkan hal tersebut maka modul matematika berbasis RME dengan soal HOTS layak digunakan khususnya untuk siswa kelas IX.

 

Kata Kunci: Modul Matematika; RME; HOTS

Full Text:

PDF

References


Aliah nur, S., Sukmawati, S., Hidayat, W., & Rohaeti Eti, E. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan disposisi matematika siswa pada materi spldv. Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(2), 91–98. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p91-98

Ariany, R. L., D, J. A., & Dewanto, S. (2017). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES ( MI ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN DISPOSISI. Edukasi Dan Sains Matematika, 3(1), 1–10. https://doi.org/https:/doi.org/10.25134/jes-mat.v3i1.445

Bakar, M. T., Suryadi, D., & Darhim, D. (2019). Learning obstacles on linear equations concept in junior high school students: Analysis of intellectual need of DNR-based instructions. Journal of Physics:Conference Series, 1157(3), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032104

Brookhart, S. M. (2014). How to Create and Use Rubrics for Formative Assessment and Grading. In Alexandria, Virginia USA.

Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 65–72.

Erlina, D. A., & Sutarni, S. (2024). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 454–463. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2409

Haristah, H., Azka, A., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Pengembangan Modul Pembelajaran. Jurnal Matematikan Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224–236.

Hidayah, S. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Cerita SPLDV berdasarkan langkah penyelesaian Polya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 182–190.

Irmawati, I., Baktiar, M., & Hutapea, B. (2023a). Pemanfaatan E-Modul Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Canva pada Prodi Pendidikan Matematika dalam Proses Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 145–152. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.2738

Irmawati, I., Baktiar, M., & Hutapea, B. (2023b). Pemanfaatan E-Modul Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Canva pada Prodi Pendidikan Matematika dalam Proses Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 145–152. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.2738

Ketut Suastika, & Amaylya Rahmawati. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4 (2)(September), 58–61.

Martin, M., Syamsuri, S., Pujiastuti, H., & Hendrayana, A. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Materi Barisan Dan Deret Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 72–87. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i2.1927

Masito, F., Danim, S., Sapriyadin, S., Risdianto, E., & Brown, C. (2023). Project-based Learning (PjBL) based on the Digital Module to Improve Conceptual Understanding in Aviation English. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 4(4), 731–736. https://doi.org/10.46843/jiecr.v4i4.1249

Narpila, S. D. (2023). Pengembangan instrumen penilaian matematika berbasis literasi numerasi menggunakan aplikasi Quizizz. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 446–461. https://doi.org/10.33654/math.v9i3.2418

Nupin Syahrial, I. (2021). Pola Pengembangan Karier Pustakawan Melalui Motivasi Kerja Dan Pemahaman Teknis Jabatan Fungsional (Abdul, Ed.; Pertama). CV. Adanu Abimata.

Pratama, G. S., & Retnawati, H. (2018). Urgency of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Content Analysis in Mathematics Textbook. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012147

Pujiastuti, H., Haryadi, R., & Solihati, E. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Pada Materi Aljabar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 63. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3392

Pujiastuti, H., Suvati, D. A., Haryadi, R., & Marethi, I. (2020). Development of mathmodule based on local wisdom and 21stcentury skills: Linear equation system. Journal of Physics: Conference Series, 1480(1), 0–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1480/1/012052

Putri, D. A., Susanti, V. D., & Apriandi, D. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Rme Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas Xi Smk. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 138–146. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.470

Ramadhani, R., Umam, R., Abdurrahman, A., & Syazali, M. (2019). The effect of flipped-problem based learning model integrated with LMS-google classroom for senior high school students. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2), 137–158. https://doi.org/10.17478/jegys.548350

Rohmiyati, N., Ashadi, A., & Utomo, S. B. (2016). Pengembangan modul kimia berbasis inkuiri terbimbing pada materi reaksi oksidasi – reduksi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 223. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.4869

Sari, A., & Yuniati, S. (2018). PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION ( RME ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN. Pendidikan Matematika, 2(2), 71–80. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.49

Shaufia, N., & Ranti, M. G. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa MTs pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 6(2), 76. https://doi.org/10.30595/alphamath.v6i2.7845

Suciati, S., Maridi, M., Dewi, N. K., Subandowo, D., & Sasmito, A. (2020). Effect of Dao Jiang Ping (DJP) Model Based Module on Learning Result of XI Class Students. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 1(1), 30–40. https://doi.org/10.46843/jiecr.v1i1.6

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Alfabera, cv.

Sutarni, S., & Aryuana, A. (2023). Realistic Mathematics Education (RME): Implementation of Learning Models for Improving HOTS-Oriented Mathematics Problem-Solving Ability. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1213–1223. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.2127

Wulandari, S., Darma, Y., & Susiaty, U. D. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 143. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1179

Wulandari, S. P., Sujadi, I., & Aryuna, D. R. (2016). Profil pemecahan masalah spldv dengan langkah polya ditinjau dari kecerdasan logis matematis siswa. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 724–732.

Zaqiyah, K., Lutfiyah, L., & Sulisawati, D. N. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 151–162. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.381




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i2.3637

Article Metrics

Abstract view : 33 times
PDF - 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.