Pengaruh Model Pembelajaran RADEC Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Kurikulum Merdeka
Abstract
Rendahnya kemampuam literasi numerasi peserta didik yang diakibatkan oleh banyak faktor, model pembelajaran yang berfokus pada guru adalah salah satu penyebabnya, sehingga peserta didik kurang dituntut dalam membaca. Oleh karena hal tersebut diperlukan model pembelajaran yang menitikberatkan kepada peserta didik dan dapat mendorong peserta didik dalam membaca, salah satunya yaitu model pembelajaran RADEC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik di Kurikulum Merdeka. Penelitian ini berjeniskan penelitian Quasi Experiment dengan desain The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 7 Lhokseumawe. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, dengan kelas yang terpilih yaitu kelas X-1 dan X-2. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu posttest kemampuan literasi numerasi. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji non parametrik, dimana uji yang digunakan yaitu uji mann-whitney U test dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis data posttest kemampuan literasi numerasi peserta didik, didapat asymp sig 0,028. Berdasarkan kriteria uji hipotesis data, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap kemampuan literasi numerais peserta didik pada Kurikulum Merdeka.
Kata Kunci: RADEC, Literasi Numerasi, Kurikulum Merdeka
Full Text:
PDFReferences
Andini, S. R., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model RADEC pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1435–1443. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.960
Ardianti, S., Lestari, H., & Trimulyo, J. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Radec Terhadap Peninkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Kajian Islam MOdern, 10(1), 47–56. https://doi.org/https://doi.org/10.56406/jkim.v10i01.343
Handayani, H., Sopandi, W., Syaodih, E., Setiawan, D., & Suhendra, I. (2019). Dampak Perlakuan Model Pembelajaran Radec Bagi Calon Guru Terhadap Kemampuan Merencanakan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV, 79–93. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1857
Hasanah, U., Edwita, & Ahmad Januar. (2021). Pendampingan Guru Mengembangkan Assesment Kompetensi Minimum (Akm) Berorientasi Pisa Untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Pembelajaran Di Sekolah Dasar Wilayah Kabupaten Bogor. Jurnal Abadimas Adi Buana, 5(01), 90–99. https://doi.org/10.36456/abadimas.v5.i01.a3634
Kemendikbud. (2020). AKM dan implikasinya pada pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–37.
Kemendikbud. (2021). Asesmen Nasional: Lembar Tanya Jawab. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (pp. 1–32). https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/file_akm_202101_1.pdf
Kemendikbud. (2023). Rapor Pendidikan Indonesia tahun 2023 (p. 2023). Kemendikbud Ristek.
Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Era Digital. JPG : Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 205–222. https://doi.org/https://doi.orghttps://doi.org/10.32832/jpg.v4i3.14252
Maspiroh, I., Kus, E., & Sartono, E. (2022). Model Pembelajaran Radec (Read, Answer, Discuss, Explan, And Create) Untuk Meningkat Kemampuan Berikir Tingkat Tinggi (High Order Thingking Skill) Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. 4(2). https://doi.org/10.57121/meta.v4i2.43
Oktavia, N., & Pamungkas, A. S. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran RADEC Pada Kemampuan Numerik Siswa Madrasah Tsanawiyah. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(3), 436–443. https://doi.org/10.30738/union.v11i3.15132
Poernomo, E., Kurniawati, L., Siti, K., & Atiqoh, N. (2021). Studi literasi matematis. 3(1), 83–100.
Pratama, Y. A., Sopandi, W., Hidayah, Y., & Trihatusti, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2). https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12653
Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85
DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i2.3673
Article Metrics
Abstract view : 56 timesPDF - 43 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.