PENGARUH MODEL PBL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS V
Abstract
Hasil temuan dilapangan menunjukakan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa masih rendah, untuk mengatasi hal tersebut peneliti menggunakan model PBL untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari perbedaan dalam kemampuan berpikir kritis siswa, meneliti dampak penggunaan model PBL pada kemampuan berpikir kritis siswa, serta melihat respon siswa terhadap model PBL dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Objek penelitian ini adalah murid kelas 5 di SDN 83 Singkawang, kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kontrol. Metode analisis data dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji t dua sampel, efek size, dan persentase tanggapan siswa. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa kelas V yang menggunakan model PBL dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Perbedaan tersebut terdapat pada nilai thitung yang lebih besar dari ttabel, yaitu 3,6117 > 2,0181. Model PBL memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas matematika dengan effect size sebesar 0,71, yang sesuai dengan standar sedang. (3) Tanggapan positif siswa terhadap metode PBL di kelas matematika menghasilkan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 85% dengan kriteria yang sangat baik.
Kata Kunci: Model PBL, Kemampuan Berpikir Kritis Matematika, Respon Siswa.
Full Text:
PDFReferences
Adinda, A. (2016). Berfikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. In Logaritma : Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains (Vol. 4, Issue 01, pp. 125–138).
Anitra, R. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 8. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2311
Ariani, R. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 422–432.
Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919–927. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/472
Cahyaningrum, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa kelas V SDN Kuncir 2 Wonosalam Demak. 95.
Fadilah, A. N., Adisel, A., Syafri, F. S., & Suryati, S. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Journal of Elementary School (JOES), 4(2), 152–159. https://doi.org/10.31539/joes.v4i2.2807
Hasanah, U., Sarjono, S., & Hariyadi, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Taruna Kedung Adem. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 43. https://doi.org/10.37905/aksara.7.1.43-52.2021
Khafifaturrahmi. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI MTs. ITTIHADUL BAYAN. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 1(1), 2019. http://www.ghbook.ir/index.php?name=????? ? ????? ??? ????&option=com_dbook&task=readonline&book_id=13650&page=73&chkhashk=ED9C9491B4&Itemid=218〈=fa&tmpl=component%0Ahttp://www.albayan.ae%0Ahttps://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&q=APLIKASI+PENGENA
Adinda, A. (2016). Berfikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. In Logaritma : Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains (Vol. 4, Issue 01, pp. 125–138).
Anitra, R. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 8. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2311
Ariani, R. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 422–432.
Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919–927. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/472
Cahyaningrum, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa kelas V SDN Kuncir 2 Wonosalam Demak. 95.
Fadilah, A. N., Adisel, A., Syafri, F. S., & Suryati, S. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Journal of Elementary School (JOES), 4(2), 152–159. https://doi.org/10.31539/joes.v4i2.2807
Hasanah, U., Sarjono, S., & Hariyadi, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Taruna Kedung Adem. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 43. https://doi.org/10.37905/aksara.7.1.43-52.2021
Khafifaturrahmi. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI MTs. ITTIHADUL BAYAN. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 1(1), 2019. http://www.ghbook.ir/index.php?name=????? ? ????? ??? ????&option=com_dbook&task=readonline&book_id=13650&page=73&chkhashk=ED9C9491B4&Itemid=218〈=fa&tmpl=component%0Ahttp://www.albayan.ae%0Ahttps://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&q=APLIKASI+PENGENA
Khotimah, K. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas IV MI Masyariqul Anwar 4 Sukabumi Bandar Lampung. Repository UIN Raden Intan Lampung, 1(69), 5–24.
Masitoh, I., & Sufyani Prabawanto. (2022). Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri. 4, 1–11.
Muin, A., Musyrifah, E., & Pendidikan Matematika, J. (2010). Penggunaan Strategi Means-Ends Analysis (MEA) dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. 1–8.
Nopia, R., & Sujana, A. (2016). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI DAUR AIR. 1(1), 641–650.
Nurlaeli, N., Noornia, A., & Wiraningsih, E. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 145. https://doi.org/10.24853/fbc.4.2.145-154
Prihono, E. W., Khasanah, F., Konvensional, P., Berpikir, K., & Matematis, K. (n.d.). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP. 2759, 74–87. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7078
Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Argareta, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. 6(1), 29–42.
Ummah, M. S. (2019). No ????????????????????? ?????????????????Title. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Utama, K. H., & Kristin, F. (2020). Meta-Analysis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 889–898. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.482
Wahyuni, K. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sdn 128 Haur Pancuh. 4(2), 1–10.
Yumnia. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Kelas V Pada Materi Persatuan Dan Kesatuan Di DI MI ATTAQWA 18. Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 13–14. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/71248%0D%0A
Yusriani, Y. Y., Sentryo, I., & Yasin, M. (2020). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Antara Model Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Langsung Kelas Iv Sdn 95 Kendari. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 10. https://doi.org/10.36709/jipsd.v2i1.13693
DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i2.3703
Article Metrics
Abstract view : 30 timesPDF - 19 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.