PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di UPTD SMP Negeri 1 Ulu Moro’o, ditemukan masalah yaitu (1) model pembelajaran yang digunakan bersifat konvensiona dan (2) kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa UPTD SMP Negeri 1 Ulu Moro’o. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design, dan instrumen penelitian berbentuk tes uraian kemampuan pemecahan masalah matematis. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Ulu Moro’o sekaligus menjadi sampel penelitian yang berjumlah 48 siswa. Hasil pengujian berdasarkan pengujian hipotesis dua pihak diperoleh nilai dan ttabel = . Karena > maka tolak diterima yang berarti “Ada pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa”. Sehingga disimpulkan bahwa model pembejaran Missouri Mathematics Project (MMP) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Kata Kunci: Model Pembejaran Missouri Mathematics Project, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pembelajaran Matematika
Full Text:
PDFReferences
Azis, A. F., Kusumaningsih, W., & Rahmawati, N. D. (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol 2(2)
Diaz, F., & Ariawan, R. (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 10 Pekanbaru. Jurnal Aksiaomatik. Vol 8(3).
Diantari, N. L. A., Gading, K., & Japa, G. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Realistik Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 3(2).
Ervinasari, B., Astuti (2023). Model Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemahasan Konsep Matematika Siswa. Jurnal Of Education Research, Vol. 4(4).
Fata, R. Haji, S. & Sumardi, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Mts Ja-Alhaq Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, Vol. 4(3).
http://lebesgue.lppmbinabangsa.id/index.php/home
Hendriani, Maifit., jamaris., & Marsyidin, S., (2023) Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Persepsi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Vol 7(2).
Lubis, E. M. S (2023) Efektivitas Model Missouri Mathematics Project (Mmp) Dan Realistics Mathematics Education (Rme) Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Awal. Jurnal Dirasatul Ibtidaiyah. Vol 1(1)
Mansyur, Marini., & Khaerani (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 3(1)
Muhaimin, A., & Amir, Z. (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Verbal. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Vol 9(4)
https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3185
Rahma, T. T., & Sutarni, S. (2023) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Realistik dengan Langkah Polya Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 7(2).
Rugminingsi., Gunawan, A. & Mohammad, A. L. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitati, Penelitian Tindakan Kelas. Erhaka Utama. Yogyakarta.
Sani, H. E. & Riskianto, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Keaktifan Siswa Kelas VII di SMP Ma’arif Gamping. Jurnal Pedagogi Matematika, Vol. 8(3).
http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm
Septiyani, S. J. AB., & Rahmawati, F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII Semester Genap Upt Smp Negeri 33 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika (JMPM), Vol. 4(1).
https://www.stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/matematika/article/view/267
Yuliani, Resti., Praja, S. E., & Noto, M. S. (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Jurnal Elemen, Vol. 4(2).
Wirevenska, Ice., Mardiati., Saputri, L., & Sembiring, D. S. R. (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (Mmp) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Swasta Taman Siswa Binjai. Jurnal serunai matematika. Vol 15(2).
DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v6i2.3814
Article Metrics
Abstract view : 25 timesPDF - 13 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.